Wednesday, December 18, 2013

Diagnosa idle gak rata

Assalamualaikum,

Setelah lama gak update blog ane cuma mau kasih tips gimana mengatasi idle yang gak rata di lancer CB4 alias mrebet.kalau RPM ngayun waktu AC on mungkin masalahnya di sini

Pertama kali cek dulu saluran bensin mulai fuel pump - filter bawah - filter sebelum masuk fuel rail -Injector - fuel regulator,sekalian kalibrasi dan bersihin injector output ke 4 injector harus sama

Kalibrasi injector

Cek kondisi busi dan priksa tiap gap busi pakai fuller atau yang biasa di buat cek kerenggangan klep  ukuran standart 1 - 1 mm lebih sip lagi ganti baru businya untuk CB4 ane pakai NGK BK6E.

Cek kerenggangan busi

Cek kondisi resistansi kabel busi dengan multimeter,semua kable harus di ukur ya

Nilai resistansi busi 

cek tutup ditributor aka delco dan rotornya ada retak apa gak

distributor cup

Distributor rotor

kalau untuk fuel regulator ngeceknya harus pakai alat khusus kayak ngecek tekanan ban,ane sendiri gak punya alatnya hehehehe

nilai fuel presure

Fuel presure test




Mungkin itu aja yang bisa ane saranin kalau ada gejala mrebet.

Wassalamualikum

5 comments:

  1. Rajin nih Agan satu ini.. salam kenal Gan..
    boleh minta petunjuk Agan, CB4 sy idle langsamnya tinggi ampe1500RPM kalau pake AC turun jd 1000 RPM.. sy coba copot sensor airflow, RPM jd turun.. udah diputer stelan gasnya malah tambah tinggi. awalnya gejala setlah sy bersihin filter udara.. kira2 apa ya yg masalahnya? thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam kenal gan,gak rajin seh sebenernya berhubung ada masalah aja ane kerjaan,nah dr situ ane coba berbagi ama temen2 biar ntar kalau ane ada masalah ada yg bantu juga,kalau masalah idle yg tinggi coba aja cabut aki selama 5 menit,tp sebelumnya balikin dulu setelan anginya,tujuanya biar ecu ke reset dan membaca inputan baru dari semua sensor,semoga berhasil gan

      Delete
  2. Sip gan.. Alhamdulillah kelar jg. normal lagi skrg stelah cabut kabel accu (ternyata harus 5menit ya).. mobil jd irit lg. thx ya gan.
    btw tanya lg gan.. kira2 bisa gak coil internal dimodif ke external.. soalnya distributor coil n cdi ane udah gak ori.. kyk skrg kurang tenaga, normal gak ya kec 100km di RPM 3000 gigi 5

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah kalau udah kelar gan,bisa aja gan pakai di bor delconya,tp ya itu kadang rentan bocor kalau gak rapi ngerjainya,ane cb4 jg segitu gan dptnya di rpm 3rb

      Delete
  3. Assalamualaikum
    Salam kenal gan saya pengguna lancer cb4 glxi juga,
    Butuh perceraiannya gan, ketika ac d on rpm naik turun ac d matikan rpm drop dan mesin mati, jika dalam perjalanan tanpa hidupin ac ,mesin sering mati ketika mau belok, atau injak rem mau berhenti, pertanyaan saya apakah servo saya bermasalah ? Bagai mana cara mengetahui serep bekerja dan apakah ada faktor lain ?
    Terimakasih

    ReplyDelete