Friday, December 13, 2013

Bersihin Servo lancer CB4 aka GLXi aka mirip evo 3

Assalamualaikum,

Semangat pagi........................

Alhamdulillah dapet kiriman foto dari mas tri handoko tentang cara bersihin servo yang udah jadi momok penunggang lancer terutama CB4 aka GLXi kalau yang CK sama CB5 beda bentuk dan model servonya.

jadi kenapa sih servo di bersihin kurang kerjaan aja.kalau gak kenapa-napa mah gak usah di bersihin mas bro,mending maenan sama anak hahahaha.

Duluuuuuu banget pernah bersihin servo di CB4 yang konon kabarnya harga barunya bisa 3.5jt dan copotan ex singapuran 1,5jt an,gejalanya sih kalau nyalaan AC RPM ngayun dan kalau dah parah mesin mati.kalau ente ngalamin gejala gitu gak ada salahnya ngelakuin bersih-bersih seperti yang ane dan mas tri lakuin dan kalau ente kantongnya tebel segera ke toko sparepart dan yang lama kasih ke ane juga gak papa,hehehehe.

o iya sebelum kita lakuin bersih-bersih kita cek dulu apa motor servonya masih bagus gak,caranya puter kunci kontak ke posisi ACC dan dengerin suara di thorttle body ada suara kresek-kresek gak,kalau ada lanjut ke step berikutnya kalau gak kendegeran blas berarti,servo positif mati karena motor servo sebagai nyawanya udah mati,kecuali ada yang bisa gulung spulnya lagi kalau gak ya beli servo baru.

OK lanjut ya.

ini tool yang ane pake
1.Kunci shocket 12mm
2.tang jepit
3.obeng +


lanjut ke pengerjaan sambil berdoa ya biar lancer kerjanya.pertama2 perlu buka dulu filter sama belalainya pakai obeng + jangan lupa cabut dulu socket ke AFS.copot saluran air radiator ke autochoke dan copot terminal + aki buat jaga-jaga biar gak konslet dan sekalian reset ECU karena kita sudah bersihin servonya.selanjutnya copot thorttle body pakai kunci shocket 12mm ada 4 biji bautnya,tarik pelan2 keluar servonya karena kalau beruntung packing kertasnya bisa kepakai lagi dan kalau apes beli lagi packingya ya.


Thorttle body depan

Thorttle body belakang

kalau udah kecopot servonya kita lanjut buka ISC (idle speed control) aka servo yang dilingkari merah pakai obeng +

 servo

hati-hati buka tutupnya ya siapa tahu ada jinya keluar hahahaha

kalau udah ke buka akan terlihat susunan gear servo perhatikan bener2 posisinya jangan sampai lupa posisinya kalau mau balikinya ntar.

susunan gear servo

copot pelan-pelan gearnya setelah kecopot perhatikan gigi gearnya masih utuh apa gak kalau udah grepes atau gompal percuma juga di bersihin kalau masih bagus lanjut ke acara selanjutnya

Gear servo


kalau udah kecopot nanti akan keliat pintle (bener gak ya tulisnya) yang bertugas buka tutup aliran udara bypass buat naikin atau nurunin RPM buka baut stopernya yang dilingkari merah dengan obeng +

Baut stoper


kalau udah kecopot baut stopernya keluaran pintle dengan cara memutar kasih tanda dulu di pintle dan thortlle body pakai spidol putih biar kita tahu posisi defaultnya,lanjut keluaran pintle nya dan catet jumlah putaran sampai pintle kecopot

 pintle
itu yang ujungnya kayak peluru biasanya kena kotoran jadinya dia gak lancer buka tutupnya bersihin ampe bersih dan kasih grease di dratnya biar lancer buka tutupnya,setelah itu bersihin juga lubang di pintle di thorttle body biasanya kotor juga disana.kalau udah bersih semua tinggal balikin ke semula seperti bongkar tadi.lebih baik di acara bersih-bersih ini ada kompresor biar tambah sip bebersihnya.
o iya mumpung thorttle body di bawah bersihin sekalian ya.

Alhamdulillah setelah di balikin gejala RPM ngayun ketika nyalain AC gak ada lagi dan semoga awet.lumayan gak jadi ngeluarin jutaan rupiah untuk beli servo baru,ya gak bang tri ?


Untuk DIY servo jilid 2 disini ya mas broh

DIY kali ini memakan cost
1.Carbu cleaner 65 rb

Sekian

Wassalamualaikum



54 comments:

  1. Assalamualaikum Wr Wb.
    Kang BLOG nya SANGAT SANGAT MEMBANTU BAGI SAYA yang punya CB4 yang lagi punya berbagai penyakit Kronis dari mulaui SERVO,AirFlow,RAck Steer,dll nya.. lumayan bikin saya Stress..
    Bila berkenan saya ada keinginan KOPDAR sharing langsung. SAYA ORANG BANDUNG. bila berkenan bisa Forward ke email saya lechuza_ace@yahoo.com.Terimakasih Sebelumnya. SEMOGA ilmu dan amal yang bermanfaat terberkati PAHALA oleh ALLAH swt . Wassalamualaikum

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam.

      Silahkan kang kalau pengen melipir ke bekasi kang initnya kalau mau DIY harus sabar dan tanya-tanya InsyaAllah ada jalan.dan yang jelas siapin tenaga karena DIY capek tapi puas kalau kerjaan kita beres

      Delete
    2. Mas alamat bengkelnya di mans

      Delete
  2. Mantab gan infonya! Sangat bermanfaat! Kebetulan ane pake lancer cb4 juga yg lagi rewel servonya. Thxx berattt

    ReplyDelete
  3. Mau tanya nh Gan, Mobil ane Lancer GLXi 1994 Kalo AC dinyalain Rpm ngedrop trus naik turun nah klo udh naik turun gitu temperatur mesin naik, nah klo kata bengkel2 itu di bilang Servonya bermasalah.
    apa benar itu dari Servo Gan ?
    kalau emang benar harga Servo sakarang brp ya Gan ?

    sebelumya terimakasih atas informasinya Gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dibongkar aja dulu om pastiin masalah di servo,siapa tahu giginya rompal,harga servo copotan 700rb-1,5jt tergantung seller kalau baru 2,5jt an,pastiin dulu servo gpp om

      Delete
  4. Assalamuaikum kang Pungky

    Mohon pencerahan nya, sepertinya servo saya juga ngadat. pengen ganti copotan tp keqnya dompet blm kuat :)
    gimana caranya reset ECU kang? saya udah lepas aki selama 30 menit tp ECU sepertinya ga ke reset
    katanya selain lepas kabel aki juga harus copot fuse ECU nya. nah saya kurang paham fuse mana yg harus dicopot
    ini ada diagram fuse cb4 http://i191.photobucket.com/albums/z49/gsr94t/FuseBox.jpg
    dan panel http://farm4.static.flickr.com/3310/3251817080_ac33b93d46_b.jpg
    apa ECI itu sama dengan ECU kang?
    Lokasi akang di bekasi ya? kebetulan saya juga. kalau berkenan boleh saya mampir dan berguru sedikit kang?
    atau kalau boleh sms nomor akang ke 081510104491
    terima kasih sebelumnya

    Wassalamualaikum Wr Wb

    ReplyDelete
  5. Waalaikusalam

    reset ECU kalau di lancer cuma copot aki karena percuma juga copot sekring lha wong udah gak ada arus juga dari akinya.

    pertanyaan saya akang tahunya belum kereset gmn apa sebelum di reset ada gejala aneh?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kang, jadi gejalanya gini, kalo idle normal rpm di 800 trus nyala ac rpm turun dikit trus naek kan skitar 900.
      nah kalo kumat, nyala ac rpm lsg drop 300 ampir mau mati mesin.
      setelah saya ke bengkel kan di reset pake alat computerized, normal lagi tuh kondisinya. mekanik bilang memang servonya udah lemah.
      tapi ga lama sehatnya, 2 mingguan kambuh lagi :(
      saya kepikiran gimana caranya bs reset ecu sendiri supaya ga perlu ke bengkel lagi gitu kang

      nuhun
      -fajar-

      Delete
    2. coba aja di cek lagi gig servonya ada yang gompal apa gak? setahuku kalau masalah bener di servo gak ngefek juga di reset karena servo kan mekanikal,jadi kalau rusak ya mesti ganti

      Delete
  6. Om kalo packing kertasnya ga bisa dipake lagi gimana? Harus beli dimana? Apa ga pake juga gpp?
    Btw bersihin servo ane mau ga, hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gampang om bikin aja dr bekas karton susu,bw kemari aja om

      Delete
    2. Salam...apa kbr Om Pungky? Sb4 sy sptnya servonya error. Boleh sy silaturahmi ke tmpt Om Pungky dmn alamatnya & boleh sy tahu no hp Om Pungky brp yah? Hatur nuhun sblmnya Om. Tolong dibalas yah Om. Wassalam. @Farid. 081212338231

      Delete
  7. Agan - agan mau tanya nh, Mobil ane Lancer GLXi 1994 Kalo AC dinyalain Rpm ngedrop trus naik turun nah klo udh naik turun gitu temperatur mesin naik, nah klo kata bengkel2 itu di bilang Servonya bermasalah, nah sekarang udah ane ganti servo baru terus penyakit Kalo AC dinyalain Rpm ngedrop trus naik turun udah gk ada lagi, tapi ada penyakit klo AC dinyalain itu tarikan kayak berat dan klo kondisi jalan kita mau berhenti atau ganti perseneling kan harus injak kopling terus Rpm nya tiba - tiba ngedrop dan mati mesinnya ???? itu kira - kira apanya ya mohon bimbingannya ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba di cek kompresor ac om,kayaknya beban berlebih karena kompresornya

      Delete
  8. misi om mau tanya gear servo sy msh nutuh alias g rompal tp knp kok g fungsi alias gak ada suara kresek2 diservonya itu gmn ya om mohon pencerahanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berarti motornya om udah kebakar,cek soketnya dulu.kalau gak bisa juga berarti positif mati,kalau gak maen aja ke bekasi ane ada motor nganggur tapi gigi rontok

      Delete
    2. waduh sy posisi dipurwokerto ni om jauh hehee .om pungky bs mnta cp nya om?

      Delete
  9. saya mau tanya kalau rpm turun pd evo3 apa penyakit y tapi kadang-kadang

    ReplyDelete
  10. Mau tanya om,

    evo3 saya pertama distarter langsung naik rpm, trus turun lagi....begitu dijalan normal, tp kalo diinjek kopling dia tinggi lagi.

    kalo sudah jalan lama sudah stabil lg. tapi kalo dimatiin mesin begitu distarter lagi begitu lagi.

    makasih atas pencerahannya om.
    Roni

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mas roni dah sembuh belum penyakit mobil nya. Gejala nya sama kaya punya saya mas... Solusi dong...

      Delete
  11. Om ane ada masalah seperti yg lain d atas.. bisa minta no hp nya ada mau main k tempat om.. 085695584343 ini no ane...

    ReplyDelete
  12. Om klo cara memperbaiki servo evo 4 om?

    ReplyDelete
  13. Om kalo beli kabel-kabel socket TPS ato servo ada ga yah? kira-kira harga berapa?

    ReplyDelete
  14. Mas numpang nanya mas...kalo gear nya udah habis..ada gak di jual per satuan nya mas..klo 1 set servo itu brapa harga nya mas...makasih mas..

    ReplyDelete
  15. Mas pungki... Daripada banyak tanya tapi skill belum ada ujungnya masih bingung juga, boleh melipir gak. Kebetulan saya gejalanya sama ... Alamatnya dimana mas?

    ReplyDelete
  16. Om lancer dangan GTI tahun 90 saya kalo Ac dinyalakan posisi RPM 800 an tp kadang turun lagi.. Nah kalo sdh jalan pas kita mau pindah gigi atau kita posisi mau berhenti tiba2 mesin mati..itu kenapa ya om..mslah di ISC atau AC nya..mohon infonya om.. Trims

    ReplyDelete
  17. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  18. Numpang lapak om. Saya mau jual Lancer glxi evo '93. harga rp 35 jt aja. Peminat lansung hub. 085285334277. cek tkp Jakarta Timur.

    ReplyDelete
  19. Mas gimana kalo upgrade cb 4 head silinder nya pake ck biar tarikannya yahud bisa ga trm

    ReplyDelete
  20. harga servo laancer evo 5 tahun 2002 berapa ya gan. baru siang ini ni saya otak atik bersihin servo, bersihin karbu sampek ndoer tetep g normal RPMnya. aku wong wonogiri gan

    ReplyDelete
  21. harga servo laancer evo 5 tahun 2002 berapa ya gan. baru siang ini ni saya otak atik bersihin servo, bersihin karbu sampek ndoer tetep g normal RPMnya. aku wong wonogiri gan

    ReplyDelete
  22. ass..sore gan mau tanya klo mau beli pintle servo nya aja dmn bos ,,harga brp yah..tolong infonya ke WA 085726101452

    ReplyDelete
  23. Om kalo bisa kasih tutor bersih in servo ny juga buat ck4 om...hehe penyakit sama rpm turun hidup ac,mesin dingin mau hidupkan susah,harus bantu
    injeksi gas..

    ReplyDelete
  24. Om kalo bisa kasih tutor bersih in servo ny juga buat ck4 om...hehe penyakit sama rpm turun hidup ac,mesin dingin mau hidupkan susah,harus bantu
    injeksi gas..

    ReplyDelete
  25. Ass mikum gan...mau nanya nie ane punya evo3 1996 kalo ac di nyalain rpm turun apa ea...kalo emang servo nya tempat ny yang mna ea dan kaya gimna

    ReplyDelete
  26. Ass mikum gan...mau nanya nie ane punya evo3 1996 kalo ac di nyalain rpm turun apa ea...kalo emang servo nya tempat ny yang mna ea dan kaya gimna

    ReplyDelete
  27. Yg jual gear servonya dimna ya... Daerah bekasi dan brapa harganya?

    ReplyDelete
  28. permisi para suhunya lancer nih..
    saya punya lancer 93 glxi,saat saya di bawa jalan terasa tersendat-tersendat,serta pada waktu over gigi 1 ke 2 macem mw mati mesinnya...terus berasap putih ...bila berkenan mohon sekali pencerahannya..terimakasih

    ReplyDelete
  29. salam kang Pungky..
    mohon petunjuk, saya pake lancer GLXI 95,habis bongkar servo (ganti) tapi diservo lama 2 jalur air dimatiin sama yang empu lama.klo mau difungsikan lagi nyambvung nya kemana.trims.klo bisa tolong saya dikasih skema nya ya

    ReplyDelete
  30. Om.. mw tanya nih...evo3 sy rpm ny mndadak smp diatas angka 2 hmpr 3. Apanya ya... apa servo ny kotor?
    Mhn arahan om... 087876091140 thankss om..

    ReplyDelete
  31. sorre om...saya pemula pegang ck4...tp kondisinya hancur brantakan..!!!
    mau minta rekomend bengkel lancer bekasi om biar bisa niti aspal ikut kopdar...di bantu ya om saya di cibitung bekasi

    ReplyDelete
  32. Om kalo rpm nya kaga nyala knpa ya om. Trimz

    ReplyDelete
  33. Mantap,mkasih bos,berkat baca artikel ini mobil saya lancer evo 3 jadi joss lagi,atelah capek kebengkel sana sini,gag ada satupun bengkel yg bisa perbaiki mobil saya rpm nya naik turun,dan artikel ini lah yg bermanfaat memberi solusi,hingga mobil saya kembali fit..makasih om bos

    ReplyDelete
  34. saya punya evo 4. lansamnya gk stabil. rpm naik turun. servo dah ganti.. pa mungkin Air flow nya yg kena ??

    ReplyDelete