Monday, December 9, 2013

pasang ster racing di mitsubishi lancer

Assalamualaikum.


Semangat pagi................

Ane coba share lagi DIY yang ane kerjain yang bro moga2 aja gak bosen dan bukan berarti ana sok ngajari,ana cuma niat berbagi aja siapa tau ada yang butuhin.

lanjut ye ana mau share penggantian stir oem lancer dengan stir racing

Bahan-bahanya

1.Stir racing
2.Boshkit HKB
3.Kunci shocket 17mm
4.shocket extension
5.obeng +

Langsung aja buka stir aslinya ya,buka dulu klakson pakai obeng +



Buka skrup pencetan klakson


tarik pakai tangan klaksonya


cabut soket klakson




Kalau udah kecopot klaksonya siapin kunci shocket  17mm dan extension,perlu pakai extension karena kalau gak pakai bisa mentok kemana-mana.hati - hati pas ngendorin bautnya biasanya kalau belum pernah di buka bakalan keras baget,kalau ada yang bisa pegangin ster bisa lebih gampang.dan harus kenceng megang gangang konci shock kuatir kalau slek kehantem ke kace,bisa runyam urusan



Kunci shock 17mm


kalau cara ana jepit pakai paha biar gak ikut muter stirnya

kalau udah kecopot bautnya tinggal tarik stirnya hati-hati ya sambil di goyang-goyang maju mundur harus sabar ya bro.berat soalnya.kalau udah kecopot silahkan singkirkan stir aslinya.kita lanjut ke stir racingnya,pasang boshkit di stir biasanya ada baut 6 biji disertakan dalam paket pembelian boshkit,perhatikan harus sesuai dengan tipe kendaraan kalau beli boshkit karena ada nok buat otomatisisasi normalisasi posisi sein kalau habis belok.


Boshkit

nock boshkit  
 

tandain dulu posisi top as stering biar gak miring dalam pemasangan stir yang baru,di boshkit juga ada tanda topnya jadi harus bener-bener lurus kalau gak bisa patah nocknya dan gak bisa balik otomatis ntar seinya



kencengin baut




manteb kan bro




Sebelum pasang stir yang personal ini ane dulu beli stir KW karena beranggapan sama aja yang namanya stir,sama2 bulet dan bisa buat di puter daripada beli yang harga jutaan kalau made in italy,ternyata anggapan saya salah mas bro emang dari segi tampilan stir KW juga menarik dan sporty,tapi pas di pakai jauuuuuh enak stir standart,karena stir KW enteng banget bahanya dan keliatan ringkih,selain itu juga getaran dikala lewat jalan keriting kerasa banget di tangan.


Stir KW

Ane mau bagi tip ngirit tapi hasil maksimal neh bro,dulu ane beli stir personal dalam kondisi sangat-sangat memrihatinkan dengan kondisi busanya acak kadul tapi yang bikin tersenyum ane tebus dengan harga 150rb untuk stir made in Italy,terus ada yang bilang ori tapi kan buluk,eits tunggu dulu zaman sekarang apa sih yang gak bisa buat orang indonesia yang super kreatif.ane cari info sembari nunggu duit ngumpul akhirnya nemu juga tempat retrim stir dengan bahan kulit asli tapi harga terjangkau nama workshopnya YRC di daerah cipondoh dia ada layanan jemput anter gratis untuk daerah jakarta dan ane kena ongkos 350rb untuk retrim stir,dan alhamdulillah ane puas ama kerjaan,sangat-sangat recommended (ana gak promosi ya bro kenyataanya emang gitu).dan emang bener bro yang namanya ori emang mantep peganganya beratnya juga hampir sama kayak standart dan yang pasti getaran jalanan gak kerasa lagi



Horn button masih Ori Italy

detail kerjaan retrim

Total cost untuk retrim
1.Boshkit HKB jepang 150rb
2.Stir personal 150rb
3.Retrim kulit asli 350rb
4.es jeruk gratis


Sekian DIY kali ini semoga bermanfaat


Wassalamualaikum

1 comment:

  1. Dear Mr. Pungky

    Kalau seandainya yang mau dipasang adalah steer ori lancer evo (momo), perlu pakai bosskit gak?

    ReplyDelete