Bertemu lagi kita setelah sekian lama gak update lagi DIY karena emang gak ada yang mau di DIY in.
Untuk DIY kali ini terbilang cukup berat buat newbie kayak ane karena ngelakuinya sendirian gak ada yang nolongin :(
sebenernya tahun lalu udah di copot dan cek kondisi as rack steering emang udah ada baret dan udah coba di rekondisi dengan hardcrhome tapi yang bikin mlogo adalah biaya hardcrome sebesar 750Rb dan seal set Ori 650Rb ya udah ambil langkah ngirit pasang lagi racknya dan nyetok oli power steering di bagasi belakang,tetapi seminggu kemarin ini rack steering emang udah gak kuasa lagi menahan penderitaanya alhasil jebol juga tuh rack steering.ngocor se ngocor2nya tuh oli meskipun posisi parkir.langsung dah masuk kandang tuh lanci.
Udah berdarah2 olinya
Ngocor deres
Langsung aja ye daripada kelamaan.
Perangkat perang yang di butuhin
1.Kunci socket 12 14 17 mm
2.Balljoint removal
3.Grease
4.Jackstand
5.Dongkrak
O iya ane dapet rack steering lancer ini setelah sekian lama berburu di tempat limbah copotan karena bisa di bilang untuk rack steering lancer emang susah barangnya kalaupun ada barangnya udah jelek,malah lebih bagusan punya ane yang udah bocor.
Tempat barang copotan
Ini rack steering hasil hunting
giginya perhatiin bener harus masih rata biar gak speleng
Perhatiin tiap sealnya ada bekas rembesan oli power steering apa gak
as rack steering harus bebas dari baret,ini wajib
Bebas dari sisa rembes
As di joint ster juga harus bebas dari bekas rembes
Ori koyo dan ada tulisan jepangnya tapi udah gak komplit stikernya gara2 kena gesekan
Usahakan setiap baut jangan ada bekas habis di buka kuatir barang rekondisi
Dan kalau beruntung ente akan dapat tierod dan long tierod ori dengan kondisi bagus sekali
Log tierod masih mulus
Log tierod masih kenceng
Kasih grease di giginya biar awet
Balljoint juga
Grease kyodoyushi ( recomended neh bos)
Ganti karet boot stering karena rata2 udah di robek buat liat kondisi as rack steering
kita lanjut ke proses eksekusi jangan lupa berdoa ya bro,biar lancer eksekusinya.
kita siapin dulu jackstand ama dongkraknya dulu,jactstand wajib buat ane karena takut kempes dongkraknya dan biar aman aja karena kita kerja di bawah mobil
kalau udah kendorin baut roda kiri kanan habis itu dongkrak bagian depan mobil.
lepas rangka penopang mesin bagian bawah yang ada engine mountingnya sama knalpot antara header dan resonator untuk knalpot yang masih standart,biar gampang nurunin racknya
knalpot sama emon yang di lepas
copot baut rangka dengan kunci shocket 17mm dan emon dengan 14mm knalpot pakai kuci shocket 14mm dan 12mm
kalau udah di copot knalpot dan rangka bawah lanjut copot racknya dengan kunci shock 17mm
ada 2 biji kiri kanan total ada 4 baut
Tempat perang
copot ke 2 roda dan tiriskan.copot balljoint dengan balljoint removal,buat ane ini alat sangat membantu banget bro karena sebagian orang pakai sistem ketok,ane gak tega kalau ngetok pake palu bro jadinya pakai ini aja kalau gak salah dulu 250rb belinya buatan tekiro
balljoin removal
cara makenya
baut joint ster
kalau udah kecopot semua tuh baut tinggal copot racksteeringnya sebelum copot dolo tierodnya biar gan nyangkut pas nuruninya.abis itu gak bisa poto-poto lagi tangan belopotan oli euy.
rack stering lama udah turun,menyedihkan kondisinya
kalau rack stering udah copot,copot selang dari pompa power stering dan selang balik karena yang baru gak disertakan.ini juga pakai kuci khusus bro karena gak bisa pakai kuci biasa rentan slek.kuci ukuran 17mm
Kerjaan sempet ke pending sama makan siang sama ujan.
abis itu naikin rack steringnya tapi jangan di pasang dulu tierodnya biar gak nyangkut.kalau udah tinggal isi tuh oli power steering sambil dibelok-belokin.inget ya jangan kepenuhan ngisinya kalau kepenuhan bisa jebol lagi sealnya .
nah langkah terakhir tinggal spooring nah kalau mau ngirit lagi ane punya cara buat sporingnya cuma modal 3rb buat beli benang,cara ini cuma buat ngelurusin roda depan belakang ye bukan buat ngelurusin chamber.cara ini jitu karena gw udah capek dulu bolak-balik bengkel sporing masih gak lurus aja mobilnya.Alhamdulillah pakai benang malah sembuh mobilnya
Spooring benang
Total cost yang ane keluarin
1.Rack steering 1jt
2.Minyak power stering 50rb
3.Kunci nepel 60rb
Wassalamualaikum.
No comments:
Post a Comment