Monday, December 2, 2013

Ganti stering rack lancer CB dan CK series

Assalamualaikum.

Bertemu lagi kita setelah sekian lama gak update lagi DIY karena emang gak ada yang mau di DIY in.


Untuk DIY kali ini terbilang cukup berat buat newbie kayak ane karena ngelakuinya sendirian gak ada yang nolongin :(

sebenernya tahun lalu udah di copot dan cek kondisi as rack steering emang udah ada baret dan udah coba di rekondisi dengan hardcrhome tapi yang bikin mlogo adalah biaya hardcrome sebesar 750Rb dan seal set Ori 650Rb ya udah ambil langkah ngirit pasang lagi racknya dan nyetok oli power steering di bagasi belakang,tetapi seminggu kemarin ini rack steering emang udah gak kuasa lagi menahan penderitaanya alhasil jebol juga tuh rack steering.ngocor se ngocor2nya tuh oli meskipun posisi parkir.langsung dah masuk kandang tuh lanci.

Udah berdarah2 olinya

 Ngocor deres

Langsung aja ye daripada kelamaan.

Perangkat perang yang di butuhin
1.Kunci socket 12 14 17 mm
2.Balljoint removal
3.Grease
4.Jackstand
5.Dongkrak

O iya ane dapet rack steering lancer ini setelah sekian lama berburu di tempat limbah copotan karena bisa di bilang untuk rack steering lancer emang susah barangnya kalaupun ada barangnya udah jelek,malah lebih bagusan punya ane yang udah bocor.

Tempat barang copotan



Ane dapet barangya bukan dari tempat di atas tapi di daerah tangerang nama tokonya Putra motor dia bisa COD di tempat yang gak terlalu jauh dari tangerang waktu itu ane COD di bintaro sektor 5.Rata-rata rack steering copotan untuk lancer CB dan CK,orang copotan kadang tahunya lancer evo3 atau evo4 seharga 1 Jt dan garansi cuma 5 Hari so pinter2 milih ya bro.nah satu lagi mereka kadang gak tahu barang yang kita cari kayak apa jadi kita harus bener2 tahu barang apa yang kita mau cari,kalau gak tahu mending ajak temen yang ngerti aja bro.rack stering CB dan CK sama persis bentuknya jadi bisa tuker pakai

Ini rack steering hasil hunting

giginya perhatiin bener harus masih rata biar gak speleng


Perhatiin tiap sealnya ada bekas rembesan oli power steering apa gak

 as rack steering harus bebas dari baret,ini wajib

Bebas dari sisa rembes

As di joint ster juga harus bebas dari bekas rembes



 Ori koyo dan ada tulisan jepangnya tapi udah gak komplit stikernya gara2 kena gesekan

Usahakan setiap baut jangan ada bekas habis di buka kuatir barang rekondisi  

 





Dan kalau beruntung ente akan dapat tierod dan long tierod ori dengan kondisi bagus sekali

Log tierod masih mulus

Log tierod masih kenceng
 

Kasih grease di giginya biar awet

 

Balljoint juga


Grease kyodoyushi ( recomended neh bos)




Ganti karet boot stering karena rata2 udah di robek buat liat kondisi as rack steering

 

Ok deh lanjut bro,capek juga ngetiknya hahahaha

kita lanjut ke proses eksekusi jangan lupa berdoa ya bro,biar lancer eksekusinya.

kita siapin dulu jackstand ama dongkraknya dulu,jactstand wajib buat ane karena takut kempes dongkraknya dan biar aman aja karena kita kerja di bawah mobil





kalau udah kendorin baut roda kiri kanan habis itu dongkrak bagian depan mobil.

lepas rangka penopang mesin bagian bawah yang ada engine mountingnya sama knalpot antara header dan resonator untuk knalpot yang masih standart,biar gampang nurunin racknya


knalpot sama emon yang di lepas


copot baut rangka dengan kunci shocket 17mm dan emon dengan 14mm knalpot pakai kuci shocket 14mm dan 12mm




kalau udah di copot knalpot dan rangka bawah lanjut copot racknya dengan kunci shock 17mm
 ada 2 biji kiri kanan total ada 4 baut


Tempat perang




copot ke 2 roda dan tiriskan.copot balljoint dengan balljoint removal,buat ane ini alat sangat membantu banget bro karena sebagian orang pakai sistem ketok,ane gak tega kalau ngetok pake palu bro jadinya pakai ini aja kalau gak salah dulu 250rb belinya buatan tekiro

balljoin removal


cara makenya

Habis itu copo baut di joint ster bagian atas dengan kunci ring 12mm

baut joint ster

kalau udah kecopot semua tuh baut tinggal copot racksteeringnya sebelum copot dolo tierodnya biar gan nyangkut pas nuruninya.abis itu gak bisa poto-poto lagi tangan belopotan oli euy.

rack stering lama udah turun,menyedihkan kondisinya



kalau rack stering udah copot,copot selang dari pompa power stering dan selang balik karena yang baru gak disertakan.ini juga pakai kuci khusus bro karena gak bisa pakai kuci biasa rentan slek.kuci ukuran 17mm




Kerjaan sempet ke pending sama makan siang sama ujan.


abis itu naikin rack steringnya tapi jangan di pasang dulu tierodnya biar gak nyangkut.kalau udah tinggal isi tuh oli power steering sambil dibelok-belokin.inget ya jangan kepenuhan ngisinya kalau kepenuhan bisa jebol lagi sealnya .

nah langkah terakhir tinggal spooring nah kalau mau ngirit lagi ane punya cara buat sporingnya cuma modal 3rb buat beli benang,cara ini cuma buat ngelurusin roda depan belakang ye bukan buat ngelurusin chamber.cara ini jitu karena gw udah capek dulu bolak-balik bengkel sporing masih gak lurus aja mobilnya.Alhamdulillah pakai benang malah sembuh mobilnya

 Spooring benang




Sekian DIY kali ini semoga bisa membantu buat temen2 yang punya masalah power steering

Total cost yang ane keluarin

1.Rack steering 1jt
2.Minyak power stering 50rb
3.Kunci nepel 60rb


Wassalamualaikum.


No comments:

Post a Comment