Monday, December 16, 2013

Ganti Piston Kaliper Avanza

Assalamualaikum...


Alhamdulillah masih di beri sehat meskipun cuaca udah panas dingin.

Entry kali ini ane ingin share penggatian piston kaliper untuk avanza,tapi untuk sebagian banyak mobil jepang sama langkahnya

sedikit flashback kenapa saya ganti piston kaliper karena rem depan sebelah kiri pernah ngunci gak mau balik,selidik punya selidik ternyata piston kaliper sudah luka yang mengakibatkan merembesnya minyak rem dan menyebabkan karat sehingga pas ngerem gak mau balik lagi pistonya.alhasil bau sangit karena kampas rem kebakar :(

Piston kaliper lama yang grepes


Tool yang saya pakai:

1.Dongkrak dan jackstand
2.Kunci roda
3.Kunci shocket 17mm
4.Kunci ring 14mm dan 8mm
5.Seal kaliper set
6.Piston kaliper baru
7.Minyak rem yang setipe sama yang lama buat nambah

Ane beli piston kaliper avanza merk birkens punya daihantsu taruna,kenapa punya taruna karena bentuknya sama plek dan harga lebih murah

 Birkens 1

 Birkens 2

Piston ori dan birkens
Birkens

ORI


Lanjut ke acara bongkar-bongkar

Kendorin dulu baut roda

Baut roda
Dongkrak mobil
Dongkrak mobil

Copot rodanya ya kalau udah ke dongkrak tapi sebelumnya kasih jackstand biar aman.copot baut kaliper dengan kunci shocket 17mm 2 biji atas bawah

Baut kaliper

setelah kaliper di copot lepas kaliper dari cakram dan kampasnya setelah itu tekan pedal rem biar kalipernya keluar dengan sendirinya,kalau sudah keluar copot selang minyak rem dengan kunci ring 14mm.setelah itu tiriskan kalipernya.biar selang rem gak ngocor minyaknya kasih mur dan baut 14mm buat buntu selang rem
selang rem di buntu


Lanjut dengan membongkar daleman kaliper  dengan mencopot karet boot kaliper.ada klipnya copot dengan obeng - kecil

klip boot kaliper


kalau boot dah kecopot cek kondisinya masih layak apa gak,setelah itu copot oil seal pisto kalipernya dan cek kondisinya ada luka apa gak.

seal piston kaliper
Rumah piston kaliper dikasih grease biar gak karat lagi





Kalau udah beres semua pasang kembali oil seal,piston kaliper baru boot kaliper,tekan piston dengan bantuan kunci roda karena susah masuknya sebelumnya kasih grease tipis pistonya.kali ini konci roda lagi yang jadi pahlawanya

Piston di tekan dengan kunci roda


 karen boot piston dah koyak akhirnya ane ganti

karet boot piston

lumasin as kaliper biar smooth geraknya




as kaliper
Sekalian cek ketebalan kampas rem biar sekalian bongkar Alhamdulillah masih tebel.......

Kampas rem
Siap dipasang



kalau udah beres semua tinggal rangkai lagi kalipernya dan jangan lupa isi lagi minyak remnya jangan sampai masuk angin,kalau udah kerangkai semua tinggal bleeding remnya dengan cara kocok pedal rem - tahan - kendorin niple dengan konci ring 8 mm - kencengin - lepas pedal rem ,kalau bleeding harus dua orang ye,yang satu di atas buat kocok pedal rem,yang satu di bawah buat kenceng kendorin niple jangan di bawah semua ntar jadinya ngerumpi.ulangin langkah diatas sampai bener-bener gak ada gelembung udara.ini penting kalau gak,rem bakalan gak pakem

habis bleeding


kalau udah semua tinggal pasang roda dah tes mobil dengan hardbraking.cari tempat yang sepi ya biar gak ketubruk dari belakang.cek setiap sambungan minyak rem pastikan gak ada ke bocoran dan yang terkhir cek level ketinggian minyak rem di tabung reservoir.

DIY kali ini menelan biaya
1.Piston birkens 45rb
2.Seal Set 110rb
3.Minyak rem lupa udah lama belinya

Sekian 

Wassalamualaikum



9 comments:

  1. usul mas. kalo bisa piston kaliper "generik" buat mobil lain di tampilkan juga dong. misal: lancer CK4 bisa pake piston kaliper mobil apa gitu. ini cuma sekedar usul. makasih n salam.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas,nanti saya update karena belum ganti yang punya lancer,kalau menurut saya birkens juga bikin untuk semua mobil jepang,karena saya dulu ganti master kopling bawah se set merk birkens juga cuma kena 125rb dan Alhamdulillah awet.

      Delete
  2. thanks inpoh nya bro...sangat mendetail dgn bahasa yg enak dibaca....terus berkarya...

    ReplyDelete
  3. Sekedar tambahan.
    Kalau saya pernah pengalaman rem terkunci selain karena kaliper yang perlu peremajaan, tapi juga karena selang rem tersumbat kotoran.
    Jadi ketika direm, minyak rem tidak mau kembali sehingga piston terus menekan cakram.

    ReplyDelete
  4. Bos mau tanya sil master rem punya l300 sama tidak dng pajero sport,

    ReplyDelete