Alhamdulillah masih di beri sehat meskipun cuaca udah panas dingin.
Entry kali ini ane ingin share penggatian piston kaliper untuk avanza,tapi untuk sebagian banyak mobil jepang sama langkahnya
sedikit flashback kenapa saya ganti piston kaliper karena rem depan sebelah kiri pernah ngunci gak mau balik,selidik punya selidik ternyata piston kaliper sudah luka yang mengakibatkan merembesnya minyak rem dan menyebabkan karat sehingga pas ngerem gak mau balik lagi pistonya.alhasil bau sangit karena kampas rem kebakar :(
Piston kaliper lama yang grepes
Tool yang saya pakai:
1.Dongkrak dan jackstand
2.Kunci roda
3.Kunci shocket 17mm
4.Kunci ring 14mm dan 8mm
5.Seal kaliper set
6.Piston kaliper baru
7.Minyak rem yang setipe sama yang lama buat nambah
Ane beli piston kaliper avanza merk birkens punya daihantsu taruna,kenapa punya taruna karena bentuknya sama plek dan harga lebih murah
Birkens 1
Birkens 2
Piston ori dan birkens
Birkens
ORI
Lanjut ke acara bongkar-bongkar
Kendorin dulu baut roda
Baut roda
Dongkrak mobil
Dongkrak mobil
Copot rodanya ya kalau udah ke dongkrak tapi sebelumnya kasih jackstand biar aman.copot baut kaliper dengan kunci shocket 17mm 2 biji atas bawah
Baut kaliper
setelah kaliper di copot lepas kaliper dari cakram dan kampasnya setelah itu tekan pedal rem biar kalipernya keluar dengan sendirinya,kalau sudah keluar copot selang minyak rem dengan kunci ring 14mm.setelah itu tiriskan kalipernya.biar selang rem gak ngocor minyaknya kasih mur dan baut 14mm buat buntu selang rem
selang rem di buntu
Lanjut dengan membongkar daleman kaliper dengan mencopot karet boot kaliper.ada klipnya copot dengan obeng - kecil
klip boot kaliper
kalau boot dah kecopot cek kondisinya masih layak apa gak,setelah itu copot oil seal pisto kalipernya dan cek kondisinya ada luka apa gak.
seal piston kaliper
Rumah piston kaliper dikasih grease biar gak karat lagi
Kalau udah beres semua pasang kembali oil seal,piston kaliper baru boot kaliper,tekan piston dengan bantuan kunci roda karena susah masuknya sebelumnya kasih grease tipis pistonya.kali ini konci roda lagi yang jadi pahlawanya
Piston di tekan dengan kunci roda
karen boot piston dah koyak akhirnya ane ganti
karet boot piston
lumasin as kaliper biar smooth geraknya
as kaliper
Sekalian cek ketebalan kampas rem biar sekalian bongkar Alhamdulillah masih tebel.......
Kampas rem
Siap dipasang
habis bleeding
kalau
udah semua tinggal pasang roda dah tes mobil dengan hardbraking.cari
tempat yang sepi ya biar gak ketubruk dari belakang.cek setiap sambungan
minyak rem pastikan gak ada ke bocoran dan yang terkhir cek level
ketinggian minyak rem di tabung reservoir.
DIY kali ini menelan biaya
1.Piston birkens 45rb
2.Seal Set 110rb
3.Minyak rem lupa udah lama belinya
Sekian
Wassalamualaikum
usul mas. kalo bisa piston kaliper "generik" buat mobil lain di tampilkan juga dong. misal: lancer CK4 bisa pake piston kaliper mobil apa gitu. ini cuma sekedar usul. makasih n salam.
ReplyDeleteiya mas,nanti saya update karena belum ganti yang punya lancer,kalau menurut saya birkens juga bikin untuk semua mobil jepang,karena saya dulu ganti master kopling bawah se set merk birkens juga cuma kena 125rb dan Alhamdulillah awet.
Deletethanks inpoh nya bro...sangat mendetail dgn bahasa yg enak dibaca....terus berkarya...
ReplyDeletethanks om dah mampir
ReplyDeleteSekedar tambahan.
ReplyDeleteKalau saya pernah pengalaman rem terkunci selain karena kaliper yang perlu peremajaan, tapi juga karena selang rem tersumbat kotoran.
Jadi ketika direm, minyak rem tidak mau kembali sehingga piston terus menekan cakram.
Mantap bro...
ReplyDeleteMantap bro...
ReplyDeleteterima kasih ilmunya
ReplyDeleteBos mau tanya sil master rem punya l300 sama tidak dng pajero sport,
ReplyDelete