Berjumpa lagi kita di kesempatan kali ini,berhubung hari minggu kemarin ada sedikit waktu luang ya ngapain lagi kalau gak DIY.
Berhubung di waktu terakhir buka servo keingetan suatu kesalahan yang ane buat yaitu ngasih grease di gigi servo dengan grease biasa aka grease bearing akhirnya dengan tanpa pikir panjang langsung berburu yang namanya silicone grease untuk melumasi gear servo karena bahanya dari palstik.kenapa gak boleh pakai grease biasa karena takutnya komponen gear gak tahan dengan campuran kimia dari grease bearing yang ntar akhirnya bikin rapuh komponen gear,selain itu grease bearing mudah kering kalau kena udara terbuka,khususnya di drat pintle bahaya kalau macet dan seret.
Langsung aja dah kita mulai acara kita.
Perangkat lenongnya ini neh mas bro:
1.Kunci Shocket 12 mm
2.Obeng (+)
3.Obeng (-)
Ok langsung aja kita bongkar boks filter standart beserta belalainya.toolnya hanya pakai obeng (+)
Klip Filter
Klem pipa filter
Angkat boks filter beserta belalainya dan cabut socket AFS beserta selang breather
socket AFS
Selang breather
kalau udah tinggal cabut socket servo aka ISC,TPS dan selang untuk autochoke,jangan lupa buka juga kable thorttle.
Socket Servo
Socket TPS
water inlet Autochoke
setelah TB (thorttle body) bersih dari selang dan socket tinggal buka k 4 baut dengan kunci shocket 12mm.angkat pelan-pelan TB nya dan cek packing kertas di intake manifold kalau robek ganti ya bro.
Baut TB
Tampak TB kotor banget ketika udah kebuka mengingat pemakaian udah +/- 10.000 KM
Jelaga di TB
Setelah itu pisahakan TB dan Servo dengan obeng + 4 biji
Servo
TB
Tampak saluran inlet untuk Autochoke udah berkerak,heran juga masih ngerak padahal air radiator udah pakai collantBersihkan saluran inlet dengan kuas kawat
Kuas kawat
kalau udah buka rumah gear servo dengan obeng (+)
Rumah gear servo
Susunan gear servo udah kebuka apalin posisinya ya
Gear Servo
terlihat di gear grease bearing nya tapi gak maksimal ngelumasin karena masi terdengar suaranya ketika servo bekerja.copot semua gear.untuk pintle ada stopernya,harus di buka dulu
stoper pintle
Pintle udah ke copot terlihat jelaga item ini bisa mengganggu kerja servo dalam buka tutup
pintle
Nah ini yang ane bikin shock untung masih gak bikin rusak servo karena ternyata drat pintle udah kering kalau di biarin bisa rontok dratnya,karena jelaga hitam bisa masuk juga ke drat kalau kering.
Karena ane dulu pakai grease yang salah makanya cuci bersih semua gear dengan sabun cuci piring ampe bersih.
kalau udah cuci bersih keringin dengan kompressor.sory gak ke foto gearnya kemarin ada anak rewel jadinya hilang konsentrasi.
Bersihin drat pintle dan saluran bypass nya
drat pintle
kalau udah bersih tinggal rangkai sesuai urutan copotnya dengan di grease dulu dengan silicone grease,pasang pintle dengan cara puter searah jarum jam sampai mentok dan puter berlawanan jarum jam 360 derajat,sekali lagi sory foto kelewat untuk pasangnya
silicone grease
Mumpung TB udah di copot bersihin dengan kuas dan semprot pakai kompressor.buka skrup buat stel udara pas idle karena jelaga item juga sering ngumpet disitu indikasinya kalau kita puter-puter itu skrup RPM gak ngrespon.kalau udah beres dan bersih rangkai semua servo dan TB pasang ke mobil lagi.kalau udah tinggal cek nyala dan stel di 900 RPM ketika idle.
Perubahan yang langsung kerasa,dulu sebelum pakai silicone grease bunyi servo ketika kunci kontak ON jelas banget kedengeranya kresek -kresek sekarang nyaris gak kedengeran.Alhamdulillah selamet servonya.kalau kita rajin bersih-bersih Servo InsyaAllah momok servo rusak di CB4 dapat di hindari,mungkin bisa di cek dan re-grese ketika bersih-bersih TB.
Pengeluaran kali ini
1.Grease Silicone 10 Rb
2.Kuas kawat 5 Rb
Info tambahan aja kalau mau beli silicone grease di tempat toko komponen elektronik yang agak komplit kalau ente di wilayah bekasi bisa di depan stasiun bekasi banyak bejejer toko disana.
Dan lagi jangan salah pastikan ini silicone grease buat pelumasan,karena di toko komponen juga tersedia silicone grease buat thermal heatsink.cara bedainya tinggal colek taruh di ujung jari rasakan kalau licin berarti buat pelumas kalau lengket buat thermal.ini penting dan jangan sampai kebalik bisa tambah rontok gear servonya.
Jilid satunya di sini
Sekian semoga bermanfaat
Wassalamualaikum
permisi om sy mau tanya gear servo di cb4 saya msh utuh dan blm rompal tp servo g bkerja g bunyi suara kresek2 wktu acc itu gmn y om mohon pencerahanya
ReplyDeleteGan...saya mau tanya nich...penyakit lancer evo 3 yang legendaris yaitu servo, keluhan mobil saya, apa bila ac nyala rpm drop, lampu besar dinyalain rpm drop, dan power window kacanya dinaekin pas ketutup mentok rpm drop, saya sdh ganti dengan servo copotan + thortlebodynya, hasilnya masih tetap drop, dan akhirnya saya ganti dengan servo baru tapi yg Kw nya masih tetep rpm drop, pertanyaan saya apakah penyakitnya bener-bener servo....? atau memang harus diganti dengan servo yang ori....trims atas jawabannya.
ReplyDeleteMaafkan newbie yang sotoy ini, mau sarn Coba sensor tps nya om di cek pake multirester, soket2nya juga
Deleteom minta no hpnya nggak.dr.wilman palembang mau konsultasi
ReplyDeleteKALO ADA YG PUNYA SERVO COPOTAN MURAH INFO YA... LG BTH NICH GERIGINYA OMPONG G FUNGSI...
ReplyDeleteOm sya mau tanya servo cb4 sya giginya rompal ketika pasang ac rpm nya drop, trs sya ganti giginya tp pas contak on servonya muter trs ga berenti sampe mesin d start pun msh tetep muter malah semakin cepet dan rpm ny msh tetep drop ketika nyalain ac, pertanyaan sya apa servonya memang udh rusak atau ada part lain yg rusak?
ReplyDeletepasang pakingnya disealer gak om
ReplyDeletepasang pakingnya disealer gak om
ReplyDeletePermisi, sy mau numpang nany, itu servo/ idle speed control yg ada kabelny (nempel jd 1 d body ny) itu benernamany idle spped jg/ servo kit / apa y namany?
ReplyDeleteOm nanya dong.. ada rekomen toko ato ad yg jual pintle nya nggk.yg kyk peluru item digambar om..pny saya rusak cuil ini bagian pangkal nya.. mobil nya jd ndut"an nggk bisa digas.rpm drop kl digas..mohon pencerahan nya..makasih
ReplyDeleteOm sya mau tanya servo cb4 sya giginya rompal ketika pasang ac rpm nya drop, trs sya ganti giginya tp pas contak on servonya muter trs ga berenti sampe mesin d start pun msh tetep muter malah semakin cepet dan rpm ny msh tetep drop ketika nyalain ac, pertanyaan sya apa servonya memang udh rusak atau ada part lain yg rusak?
ReplyDeletemas pUngky...servo udh ganti baru (KTB) tp RPM tinggi terus,sekrup stelan udara di TB ditutup habis baru RPM turun.mohon solusi..trims
ReplyDeleteOm kalo lancer dikoplin malah naik apanya ya
ReplyDelete