Sunday, June 1, 2014

Tips Ganti kampas Rem depan belakang Vario

Assalamu'alaikum.


Jumpa lagi kita dimari kali ini ane cuma share aja penggantian kampas rem depan belakang untuk honda vario.

Langsung aja kita copot roda belakang yang sebelumnya copot dulu knalpot dengan kunci T panjang 10 mm di baut di cylinder head sebanyak 2 biji.setelah itu copot baut mountingnya dengan kunci ring atau shocket 14 mm.


Setelah itu tinggal lepas baut roda dengan kunci shocket 24mm cabut roda.tinggal congkel kampas rem 

Kampas rem belakang

Untuk proses pelepasan roda ada tips biar gampang copotnya yaitu pukul pakai balok kayu kearah luar bagian bannya.jangan velgnya ya ntar boncel,karena kadang bagian gerigi as roda suka karat dan bikin susah copot rodanya.

Tinggal pasang aja kampas yang baru,nah disini saya punya tips biar kampas rem gak gampang bunyi dan bikin pakem rem belakang yaitu bikin alur buat tempat kotoran sisa gesekan kampas rem.

Kiri tanpa alur kanan dengan alur
 


 Untuk bikin alurnya kita bisa pakai gergaji besi tapi agak lama,yang paling gampang pakai gerinda,kedalaman kira2 2mm karena kalau lebih dari itu bisa kena besi kampas yang bikin kampas bisa copot karena daya rekat ke besi berkurang.kalau udah tinggal rangkai seperti kebalikan kita bongkar.jangan sampai ada baut yang lebih ya.


Giliran kita eksekusi bagian depan kalau yang belakang dah kelar.Untuk penggantian kampas depan sebenernya bisa tanpa copot roda depan behubung ane gak punya kunci L belimbing akhirnya copot roda depan.dan pencopotan kampas rem cuma melepas kunci penahan kampas rem dengan kunci shocket 8mm

kalau udah kelepas tinggal masukin kampas rem yang baru,nah kalau kampas rem depan udah ada alur buat buang kotoran tapi berhubung masih kurang yang ane tambahin lagi :D.

Kampas depan dengan alur baru




Kalau udah beres tinggal rangkai kembali dan test performa rem tapi jangan kaget kalau rem masih nyelonong karena masing butuh adaptasi antara kampas rem yang baru dengan cakram sama tromol kira-kira jalan 2-3 KM dengan rem ringan biar cepet adaptasinya.inget ya ama di rem kalau jalan 100 KM pun tanpa ngerem ya gak akan pakem-pakem remnya.hehehehe

Total Cost
1.Kampas rem depan ORI AHM 45rb
2.Kampas rem belakan ORI AHM 45rb

Sekian Semoga bermanfaat

Wassalamu'alaikum

1 comment: