Berhubung ada kerjaan ganti seal busi kemarin sekalian aja stel celah klepnya mumpung udah ke buka cover valvenya jadi sekalian kerja gituh maksudnya.
langsung aja kita eksekusi keburu maghrib maklum lampu gak terang di tempat DIY
Untuk pencopotan valve cover bisa disini selanjutnya siapin kunci ring 10mm,filler gauge dan obeng (+)
bagi yang belum tahu filler gauge aka pegukur kerenggangan klep kayak apaan ini gambarnya
filler gauge
langsung aja kita pasin top untuk piston nomer 1 dengan memutar kruk as ke posisi T.kalau susah akses kruk as,tambah ruang gerak dengan membelokan roda mentok ke kiri.dan puter pakai racket dan extension dengan kunci shocket 22 mm.
Kunci shocket
Lubang akses kruk as
Nah tinggal lurusin tanda T di pully kruk as lebih gampangnya kasih tanda pakai spidol putih biar gak bablas dan inget puternya harus searah jarum jam ya jangan ke balik.dan gak boleh puter balik kalau ke bablasan
tanda T di pully kruk as
tanda T di pully cam shaft
Tinggal cek di klep no 1 harus dalam posisi nutup semua aka kompresion stroke,yang deket timing belt No 1 ya bro.
Posisi klep
Setelah itu tinggal stel celah klep yang di tandai dengan panah hitam.pada gambar diatas buat head 4G15 IN 2 klep OUT 1 klep,untuk 4G92 IN dan OUT masing-masing 2 klep.untuk penyetelan tinggal kendorin baut pengunci 10mm dengan kunci ring dan sisipin filler gauge di antara pelatuk klep.puter dengan obeng (+) untuk mengatur celahnya.yang seal businya item itu no 1 untuk gambarnya yang atas di puter aja jadi no 1 sebelah kanan yang menghadap ke kita itu exhaust.atau lebih gampangnya cylinder No 1 itu yang deket cam pulley aka timing belt
klep 4G92
Penyetelan celah
Untuk kerenggangan klep ada 2 cara untuk kondisi mesin panas IN = 0.2mm OUT = 0.25mm dan untu mesin dingin IN = 0.09mm OUT = 0.17mm terserah mau pakai yang mana,kalau saya pakai yang dingin takut tangan kena panas :D.
kalau tanda panah yang hitam kelar semua tinggal puter pully kruk as setengah puteran untuk nyetel panah yang putih. kalau udah semua puter pully kruk as sebanyak 2 puteran dan cek kembali semua celah sesuai dengan yang di rekomendasikan.o iya mumpung inget kalau mau enteng muternya copot dulu ya businya.
Total cost free karena toolnya udah ada semua.
Sekian semoga bermanfaat
Wassalamu'alaikum
gan mau tanya , kalo buka fiter ac cb4 gmn y?
ReplyDeleteMaaf gan klo udh stel klep yg d tandai hitam trz puter setengah ny ngpastin putaran setengah patokan ny apah gan....mksh
ReplyDeleteSama gan saya juga binggung cari keberadaan filter ac cb4 evo3
ReplyDeleteklo cedia cs5 brapa ya in ex nya ..sama ama cb4 ...soalnya 1800 cc
ReplyDeleteGan kalau burung klepnya ,andangga di jual yg kayak burung klep di gambar ? Makasih
ReplyDelete