Bertemu lagi kita di DIY kali ini,sebenernya ini kerjaan iseng seh karena banyak hari libur di bulan mei.kebetulan ada kompresor yang hampir 5 tahun yang telah banyak berjasa menemanin acara DIY ane,mulai buat servis motor,mobil,ngecat dan selalu siap sedia kalau mau nambah angin.Alhamdulillah sampai saat ini pun kompresor masih berfungsi dengan baik,tapi oli udah banyak yang rembes sehingga kelihatan buluk.karena alasan itulah udah waktunya untuk rebuild ini kompressor biar tambah awet.
Kompresor Baru
Nah targetnya cuma pengen ngembaliin ke kondisi baru
mulailah acara bongkar membongkar biar bisa di ketahuin masalah rembesnya darimana sekalian cek kondisi jerohannya
Body kompressor dicuci bersih
Bongkar semua mesin dan cek masih layak pakai apa gak.kebetulan kalau dilihat dari jerohanya gak beda jauh sama jerohan mesin motor.ada piston dengan 3 ring kemungkinan bisa pakai piston motor 4 tak dengan sedikit oversize.o iya sebelum bongkar kuras oli dulu dengan membuka lubang inpeksi.
piston kompresor
Cek juga kruk as nya udah baret apa kagak,punya saya alhamdulillah masih mulus
kruk as
terlihat cylinder head ada lubang in out sama kayak motor 2 tak prinsipnya pakai sistem membran
Cylinder head
Nah pas mau misahin valve rumah membran ternyata packing pada ancur,sempet mikir juga ini packing mau beli dimana coba,tapi Alhamdulillah masih di beri jalan pakai paking dari karton bungkus susu,boleh ngembat dari susu bini.hehehehe
Packing ancur lebur
Bahan baku packing
packing made in dewek
bersihin semua kerak yang ada biar bisa kinclong pakai bantuan autosol,karena seher masih mulus gak jadi di oversize cuma porting polish aja wekekeke
Seher kinclong
porting polish
Berhubung ada cat hi temp sisa ngecat header ya udah semprot aja semua yang bisa disemprot
Cover Kruk as
cylinder head
Siap dipasang
Kalau udah siap tinggal rangkai semua seperti sedia kala dan kasih lem gasket di semua packing biar gak rembes olinya,karena sebenernya kalau kompresor pakai oli single grade SAE30 dan ane gak tahu belinya dimana alhasil pakai oli sisa gerobak kemarin dengan oli SAE 10-40.kalau udah tinggal test nyala.dan cek semua sambungan jangan sampai ada yang bocor.mohon maaf foto hasil akhir gak ada keburu gelap kemarin
Alhamdulillah DIY kali ini gratis.
Wassalamualaikum
jadi juga nih di restore wkwkw.. kompresi manteb lagi n masih berisik gak ?
ReplyDeleteThis comment has been removed by the author.
ReplyDeletejoss.. mantab, salam sya dr jogja
ReplyDeleteKalau mau buka kruk as bg mana seal oli bocor
ReplyDeletebro, mau tanyak nie, kompresor saya kenapa bocor diatas seher, kenapa ya?
ReplyDeleteThanks
ReplyDeletemoga jadi pembelajran baik
ReplyDeleteCara membuka kru as nya bagai mana. ....untuk menganti seal
ReplyDeleteBerapa banyak isi olinya ya, utk ukuran 1pk tersebut. Mengingat punyaku juga molai ngerembess. Entah udah tinggal sedikit sepertinya.
ReplyDeletegan ane butuh cover kruk as,yg jual dmn y?
ReplyDeleteBos kalo seal kruk as ny ,,, yg jual dmn ya
ReplyDeleteKruk as ny msh ada ga y bos
ReplyDeleteYa
ReplyDeleteSaya butuh perpak setnya lakoni gp lama susah banget ya.ad yng bisa bntu kh
ReplyDelete