Sunday, May 4, 2014

Restorasi Kompresor lakoni 1 PK

Assalamu'alaikum.

Bertemu lagi kita di DIY kali ini,sebenernya ini kerjaan iseng seh karena banyak hari libur di bulan mei.kebetulan ada kompresor yang hampir 5 tahun yang telah banyak berjasa menemanin acara DIY ane,mulai buat servis motor,mobil,ngecat dan selalu siap sedia kalau mau nambah angin.Alhamdulillah sampai saat ini pun kompresor masih berfungsi dengan baik,tapi oli udah banyak yang rembes sehingga kelihatan buluk.karena alasan itulah udah waktunya untuk rebuild ini kompressor biar tambah awet.

Kompresor Baru



Nah targetnya cuma pengen ngembaliin ke kondisi baru

 mulailah acara bongkar membongkar biar bisa di ketahuin masalah rembesnya darimana sekalian cek kondisi jerohannya

Body kompressor dicuci bersih 


Bongkar semua mesin dan cek masih layak pakai apa gak.kebetulan kalau dilihat dari jerohanya gak beda jauh sama jerohan mesin motor.ada piston dengan 3 ring kemungkinan bisa pakai piston motor 4 tak dengan sedikit oversize.o iya sebelum bongkar kuras oli dulu dengan membuka lubang inpeksi.

piston kompresor


Cek juga kruk as nya udah baret apa kagak,punya saya alhamdulillah masih mulus

kruk as


terlihat cylinder head ada lubang in out sama kayak motor 2 tak prinsipnya pakai sistem membran


Cylinder head 

Nah pas mau misahin valve rumah membran ternyata packing pada ancur,sempet mikir juga ini packing mau beli dimana coba,tapi Alhamdulillah masih di beri jalan pakai paking dari karton bungkus susu,boleh ngembat dari susu bini.hehehehe

Packing ancur lebur

Bahan baku packing
packing made in dewek


bersihin semua kerak yang ada biar bisa kinclong pakai bantuan autosol,karena seher masih mulus gak jadi di oversize cuma porting polish aja wekekeke

Seher kinclong

porting polish

Berhubung ada cat hi temp sisa ngecat header ya udah semprot aja semua yang bisa disemprot

Cover Kruk as


cylinder head

Siap dipasang


Kalau udah siap tinggal rangkai semua seperti sedia kala dan kasih lem gasket di semua packing biar gak rembes olinya,karena sebenernya kalau kompresor pakai oli single grade SAE30 dan ane gak tahu belinya dimana alhasil pakai oli sisa gerobak kemarin dengan oli SAE 10-40.kalau udah tinggal test nyala.dan cek semua sambungan jangan sampai ada yang bocor.mohon maaf foto hasil akhir gak ada keburu gelap kemarin

Alhamdulillah DIY kali ini gratis.

Wassalamualaikum

14 comments:

  1. jadi juga nih di restore wkwkw.. kompresi manteb lagi n masih berisik gak ?

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  3. joss.. mantab, salam sya dr jogja

    ReplyDelete
  4. Kalau mau buka kruk as bg mana seal oli bocor

    ReplyDelete
  5. bro, mau tanyak nie, kompresor saya kenapa bocor diatas seher, kenapa ya?

    ReplyDelete
  6. Cara membuka kru as nya bagai mana. ....untuk menganti seal

    ReplyDelete
  7. Berapa banyak isi olinya ya, utk ukuran 1pk tersebut. Mengingat punyaku juga molai ngerembess. Entah udah tinggal sedikit sepertinya.

    ReplyDelete
  8. gan ane butuh cover kruk as,yg jual dmn y?

    ReplyDelete
  9. Bos kalo seal kruk as ny ,,, yg jual dmn ya

    ReplyDelete
  10. Saya butuh perpak setnya lakoni gp lama susah banget ya.ad yng bisa bntu kh

    ReplyDelete