Kembali lagi kita ke dunia perlanceran setelah lama gak ngoprek neh gerobak.sekarang giliran ganti seal busi yang udah mengeras karena faktor usia.kalau di biarin lama kelamaan busi bisa tergenang Oli mesin yang ngrembes dari sela yang keras tadi.
Langkah awalnya sebelum lakuin apa-apa berdoa dulu dan buka kap mesin
Buka kap mesin
Tampak basah karena oli
Sebelum kita copot valve cover kita buka dulu timing belt cover bagian atas dengan kunci ring 10mm ada 4 biji bautnya.
cover timing belt
kalau udah cover timing belt kelepas baru deh buka valve covernya dengan kunci T atau shoket 10mm.o iya buka dulu baut pengikat tali gas, selang ke filter udara dan PCV valve serta kabel busi.
Selang dari filter
Selang PCV
Baut pengikat kabel gas
Baut valve cover ada 3 biji atas dan bawah 3 biji
kalau udah kecopot valve covernya tirisin jangan ampe kena pasir ya.
valve cover
terlihat deh sela businya yang udah meler oli.di gambar ada terlihat beda warna ada yang hitam dan coklat.untuk yang hitam itu seal busi ori dengan harga 2 kali lipat dengan yang coklat KW.nah dulu ane ganti ori 1 biji dengan ori karena masih cuma 1 yang bocor tapi sekaran 3 biji bocor semua jadi ya beli yang KW aja :D
Seal Busi
Seal udah keras
untuk pengantian tinggal cabut dan colok aja gak usah pakai sealer segala udah pasti rapet kok.peringatan dan penting neh jangan menjatuhkan benda apapun di bagian diatas bisa berabe urusan kalau ada baut atau benda lain jatuh kesana bisa runyam urusan,kalau bisa keringet pun jangan jatus kesana wekekeke.
kalau udah kepasang sealnya tinggal pasang valve covernya dan cover timing belt dengan catatan jangan kekencengan kalau ngecengin baut valve cover dikira-kira aja,kalau kekencengan bisa mleot covernya.
Total Cost.
1.Seal KW 3 biji @20Rb
Sekian Semoga bermanfaat
Wassalamu'alaikum
No comments:
Post a Comment