Sunday, December 8, 2013

Pasang Oil cooler power steering

Assalamualaikum,

Semangat pagi gan mas bro............................


Alhamdulillah masih diberi sehat sampai saat ini sehingga masih bisa berbagi DIYdisini.

Weekend ini ane ada beberapa DIY  coba share.salah satunya ya ini coba pasang intercooler,eh salah ding yang bener oil cooler hehehehehe.kalau intercooler ntar aja dah kalau udah kuat ngempanin bensinya.ide pasang oil cooler power steering ini sebenernya gak ane rencanain,karena kebetulan kemarin habis ganti ini jadi ane waktu perjalanan pulang kantor cek reservoir minyak power steering,kuatir berkurang aja,nah dari sini merasa kok panas banget tutupnya,apalagi oli power steeringya yak,nah dari sini ane ngelakuin analisa sok tahu aja, itu oli panas banget lama-kelamaan bikin seal mengeras karena seal bahan dari karet,karena mengeras seal akan berkurang fungsinya paling bagus cuma merembes paling apes ya kayak ane kemarin ganti rack steering karena kegerus karet yang mengeras.mengingat dulu waktu awal angkat si lanci juga udah ganti seal set pompa power steering karena dah pada getas semua,atas dasar itulah ane kepikiran pasang cooler power steering biar awet gitu tujuanya.


coba-coba browsing di inet masalah oil cooler steering di inet ternyata udah banyak juga yang aplikasiin di luaran sono,dan sempet browsing cari oil cooler ternyata dan ternyata mahal mas bro harganya yang merk terkenal,sempet kepikiran nyari copotan juga tapi setelah di pikir ini cooler bahanya almunium dan yang pasti susah nyarinya karena mungkin kepentok2 waktu pengiriman ke sini,takut bocor aja.

nah ketika berangkat kantor di sebelah ane ada motor antri macet juga,dan nglirik ada sebuah motor dengan judul Satria FU langsung aja deh otak ane muter boleh juga tuh cooler satria buat power steering.ini motornya gan nyomot di inet

satria FU 

langsung dah hunting coolernya di inet,dan ketemu di kaskus ada seller yang jualan barang ini nego dapet harga 150rb

kardus ori SGP

Cooler satria FU

dulu awal-awal punya ide ini sempet bingung juga itu gimana ngakalin baut in dan outnya masak iya ane beli selang oli satria terus ane potong,dan selang ini gak murah juga ternyata.eh ibarat gayung bersambut si seller juga bisa bikinin baut buat adaptor ke selang,alhamdulillah masalah  solve.tanpa cang cing cong langsong dah ane order kirim ke bekasi.total kena harga 220rb cooler,adaptor dan ongkir.jangan lupa ntar pas pemasangan di kasih ring tembaga ukuran 17mm harganya 5000 2 biji,dan di kasih silikon tape yang biasa buat air ledeng biar gak rembes

cooler dan baut adaptor
  
ring tembaga

silikon tape

Siap dipasang deh

jangan lupa siapin selang juga seukuran dengan selang power steering aslinya beserta klem cukup 2 meter aja selangya dan klem 4 biji,o iya selang harus seukuran sama aslinya ya kalau bisa copot buat contoh karena saya sebelumnya udah beli 2 meter tapi kekecilan alhasil beli lagi dah,ini contoh selangnya tapi kekecilan :hammer: tapi untung masih bisa kepakai karena dapet laporan lagi selang kompor gas udah retak,atau mau ane bikin DIY nya ya"GANTI SELANG KOMPOR GAS" hahahahaha



lanjut  ya di pemasangan nya

tools yang ane pakai.
1.Obeng +
2.kunci shocket 10 mm dan extension biar panjang 

3.obeng - kecil

langkah awal copot bumper depan ya biar gampang aksesnya waktu pemasangan

lepas gril dengan obeng - kecik

kuncian gril

kalau gril udah kecopot copot bumper depan,inget ye bumper depan jangan belakang ntar jadinya heater gak cooler lagi hahahaha.lokasi bautnya di kasih tanda panah lepas pakai kunci 10mm

lokasi baut bumper


pakai shocket extension biar kejangkau bautnya

baut yang ke feender kiri kanan

baut di inner fender juga di jopot

baut di bumper depan ngolong baru keliatan

kecopot deh bumpernya

bumper mendarat


ternyata eh ternyata insinyur mitsubishi udah mikirin juga cooler buat power stering tapi bentuknya simple cuma selang tembaga di tekuk-tekuk dan menurut analisa sok tahu ane,kemungkinan pendinginanya kurang maksimal.
cooler ori pabrik

langsung deh pasang cooler satria dan alhamdulillah udah ada baut yang di sediain jadi gak pusing mikirin mounting coolernya,ane pasang cuma di baut 1 biji ukuran 12 mm yang sebelunya di kasih ring karet biar gak patah mounting cooler karena getaran,ide ini muncul karena dapet inspirasi dari radiator air asli karena moutingnya pakai karet semua.

cooler udah nangkring

kalau udah sekarang baru pasang saluran selang,ada 2 cara pasangnya mau si rangkai ke cooler asli apa cooler asli gak di fungsiin,kalau ane di rangkai ke cooler asli biar ada double cooler.jadi selang yang di pakai ada selang balik dari rack steering bukan yang mau masuk ke pompa power steering kalau di lancer selang yang bawah lebih kecil ukuranya dari selang ke pompa power steering.Ok lanjut ke pemasangan selang cooler sebelumnya kuras minyak power steering di tangki cadangan biar gak belepotan ketika nyabut selang yang bawah,bisa pakai selang kecil atau apa aja asal bisa ke kuras.kalau udah copot tabung olinya,biar gampang masangnya dengan kunci 10mm 2 biji.kalau udah cabut selang yang bawah terus lepas selangnya,selang ini menghubungkan cooler yang asli tadi ke tabung minyak power steering.nah dari cooler yang asli tadi sambung pakai selang ke cooler satria.in dan outnya sama aja pilih seenaknya aja sesuai posisi.dari cooler satria baru naik lagi sambung ke pompa power steering jangan lupa klem tiap sambungan biar gak bocor.pasang kembali pompa power steering isi minyaknya lagi jagan lupa di tambahin kapasitas minyaknya karena pemasangan cooler tadi,coba tes muter-muter dan pegang tabung power steering di jamin lebih adem hatipun senang.cek tiap sambungan apa ada rembes atau tidak sebelum pasang bumper.

Sekian DIY kali ini 

Total cost
1.cooler + adapter + ongkir 220rb
2.selang 2 meter 100rb
3.aqua gelas 7 gelas free ngambil di meja tamu


Wassalamualaikum

2 comments:

  1. dapet coller sama bautnya dmn gan?.. ane sudah sering baca2 artikel agan dan sangat bermanfaat. thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih dah mampir om ridwan dpt cooler dari kaskus gan kalau bautnya bisa bikin di tukang bubut terdekat

      Delete