Sunday, April 20, 2014

Ganti Timing Belt Lancer CB4 aka GLXi model evo 3

Assalamu'alaikum


Bismillah.

Alhamdulillah masih di beri kesehatan sehingga masih di beri kesempatan berbagi di blog DIY ini.

Semoga sedikit yang saya share di mari bisa memberi manfaat bagi temen-temen lancer sebangsa dan setanah air.

DIY kali ini kalau menurut newbie seperti saya cukup berat.jadi saya sarankan kalau gak yakin dan gak siap mental jangan diikuti,mending ke bengkel aja sambil menikmati teh botol dingin,hehehe

Lanjooot kali ini newbie izin share pengalaman pertama penggantian Timing belt lancer yang kebetulan sudah tembus di angka 50.000 KM ini data dari pemakai sebelumnya karena baru 25.000 di tangan ane.

Langsung aja siapin bahan-bahan nya
1.Timing Belt Gates type HSN claim dari pabrik 80.000KM penggantian,tapi rencana 50.000KM aja
2.Seal kruk as


Tool yang dibutuhin

1.Kunci ring 10-12-14mm
2.Obeng (-)
3.Dongkrak dan jackstand
3.Shocket 22mm
4.Impact wrench


Langsung aja kendorin roda depan kiri dongkrak ban setinggi yang bisa di capai.ganjel dengan jackstand copot ban.

disitu akan terlihat cover plastik untuk nglindungi belt dan pulley crank shaft aka kruk as

copot cover dengan menggunakan kunci ring atau shocket 12 mm ada 3 biji baut pengikatnya 2 di samping 1 di bawah.

kalau cover udah terlihat kendorin tensioner buat stel belt AC dengan kunci 14mm dan copot belt AC.selanjutnya kendorin stelan belt altenator dan copot belt altenator,sekalian cek ke dua belt kalau udah retak ya di ganti aja.murah kok cuma 100Rb 2 biji

kalau pulley cranks shaft udah terbebas dari belt lanjut kelangkah selanjutnya yaitu kendorin baut pulley dengan shocket 22mm,kalau ini harus pakai alat khusus yang namanya impact wrench

Baut pulley


Alhamdulillah udah terlepas baut pulleynya

Baut pulley 


Sebenernya ada cara ekstrim untuk mencopot baut ini tapi ane masih ngeri praktekinya yaitu copot sekring EFI tujuanya biar mesin gak mau nyala.sangkutin kunci shocket dengan palangya di arm start mesin.tapi ane ngeri melintir  kruk as nya kalau pakai cara ini,selain ada kemungkinan juga dinamo starter ke bakar karena dapet beban ekstra.


Lanjut lagi kalau baut pulley udah kecabut tinggal cabut pulleynya dengan cara digoyang-goyang, ternyata gampang juga nyopotnya kirain pakai tracker khusus.setelah itu copot cover timing belt atas dan bawah untuk akses penggantian timing belt.ternyata lagi gak perlu copot mounting buat ganti timing belt

Jalur Timing belt


tandain dulu timing belt yang lama dan pulley sebagai acuan pemasangan timing belt yang baru biar gak lompat giginya.

tanda camshaft



tanda crankshaft


nah kalau udah ditandain tinggal apalin jalurnya dan copot timing beltnya,dengan cara kendorin baut tensioner tekan tensioner dengan obeng ke belakang kencengin baut tensioner lagi,baru copot timingnya.mungkin agak membingungkan tapi dengan gambar ini mungkin agak membantu.

Tensioner

sekarang tinggal copy paste tanda timing belt yang lama dan yang baru,dengan cara menghitung jumlah giginya ulangi sampai 2 kali sampai yakin yak biar gak geser timingnya.sementara tiriskan dulu timing belt.

lama VS baru


Mumpung kondisi kebongkar alangkah baiknya cek semua komponen yang berkaitan dengan timing belt,seperti water pump,tensioner,seal camshaft,seal kruk as kalau lagi banyak duit ganti aja semua.behubung lagi cekak ane cuma ganti seal crankshaft karena udah merembes.cukup congkel dengan obeng minus,hati-hati jangan sampai melukai as nya ya.


congkel seal

lama VS baru


pasang seal yang baru dan bersihin sisa rembesan


cek kondisi bearing tensioner kalau udah bunyi ganti aja,punya ane alhamdulillah masih bagus

bearing tensioner

sekarang tinggal pasang timing beltnya tapi sebelumnya perhatikan tanda rotasi di timing belt,dan inget lancer CB4 muternya searah jarum jam ya.

timing direction

dalam proses pemasangan jangan ada paksaan sekecil apapun pada timing belt ya,kalau udah beres tinggal ukur kekencangan timing belt dengan ditekan dengan  penggaris kira-kira  +/- 1.5inc

timing baru


kekencangan timing 


puter pulley searah jarum jam sebanyak 2 puteran dan ukur lagi kekencengan timing belt.dan pastikan tanda timing crankshaft dan camshaft sejajar

timing mark


kalau udah yakin gak geser timingnya tinggal pasang kembali cover Timing belt,pulley dan belt AC + Alternator.puter sekali lagi pulley searah jarum jam sebanyak 1 puteren buat mastiinya.Baca bismillah dan nyalain mesin.biarkan idle selama 10 menit buat penyesuaian timing crankshaft dan camshaft.

untuk pengerjaan kali ini butuh waktu 1,5 hari karena ujan,istilah kate kalau tempat ane tuh mis bar alias gerimis buyar

ujan deres


dan satu lagi yang harus di siapin kalau mau DIY adalah pakailah baju yang sesuai,karena ane salah pakai kostum ,pakai kaos yang baru alhasil istri ngomel-ngomel

kaos belepotan


DIY kali ini menelan biaya

1.Timing belt Gates 350rb
2.Seal crankshaft 35rb

Sekian semoga bermanfaat n take your own risk

Wassalamualaikum

3 comments:

  1. Harus d top pin dullu atw lgsu g pasang bro

    ReplyDelete
  2. Mksdnya lgsung d pasang aja apa harus d sejajarin gigi nya atau istilah bahasa bengkel d top in dullu apa gmna

    ReplyDelete
  3. Klo membuka gear krek as nya pake apa yang ada sepi bulan nya ,mohon di balas contak wa 0816230620,semoga sehat selalu om

    ReplyDelete