Tuesday, April 1, 2014

Konversi Tromol belakang Lancer CB4 ke Cakram

Assalamu'alaikum.

Ketemu lagi di entry DIY buatan newbie.kali ini ane coba share project temen ane pengen ubah CB4 jadi real CB5 look.sebenernya ini mobil dah keren kalau menurut ane tapi berhubung yang punya bingung mau ngabisin duit ya udah ganti aliran dari libero ke CB5 look.kalau gak percaya cek di sini.


OK mari kita list apa sih beda lancer CB4 sama CB5 dari segi tampilan.kalau mesin jangan di bandingin dah yang CB4 1600 cc SOHC sedangkan CB5 1800cc DOHC.

CB 4                                                                            CB5
1.Bumper polos Non Foglamp                     1.Bumper ada Foglamp
2.list pintu di cendela chrome                      2.List pintu black flat
3.Wheaterstrip chrome                                 3.Wheaterstrip black flat
4.Bagasi belakang polos                               4.Bagasi belakang with wing
5.Handle pintu chrome                                 5.Handle pintu sewarna body
6.Mufler tip single                                        6.Mufler tip double
7.Rem belakang tromol                                7.Rem belakang disk

Untuk list 1 - 6 gak terlalu ribet buat rubahnya dan barang masih banyak di pasaran nah kalau yang item no 7 ini agak rare alias jarang yang jual.setelah sekian lama berburu akhirnya dapet juga ini cakram set belakang.setelah cari-cari waktu akhirnya mendarat juga neh libero ke carport,setelah mufler tip nyangkut.wekekeke

libero nangkring


Bahan cakramnya sebelumnya juga udah di prepare,dan udah rebuild tapi sayang si owner kagak di documentasikan.sebenernya owner dapet segelundung sama trailing arm berhubung bushing dah pada pecah maka di putuskan pakai trailing arm yang sekarang terpasang.

Yang harus di cek kalau mau hunting:
1.Pastikan kondisi disk masih bagus gak kemakan atau peyang,bisa di cek dengan menaruh di permukaan kaca
2.Pastikan piston kaliper gak baret atau karat parah
3.PCD harus 100 karena copotan Evo 3 114
4.Check bushing siapa tahu ada stock yang lain dengan bushing yang bagus.
5.Selang rem kalau pun gak ada masih ada yang jual di toko
6.Kable hand rem ini juga kalau gak ada masih ada yang jual baru


Cakram set belakang


lanjut ke perangkat lenongnya ye.
1.Dongkrak
2.Jack stand
3.Kunci Roda
3.Kunci shocket 12mm,14mm,30mm
4.Obeng (-)
5.Kunci Nepel 10mm

Ada crita menarik neh dengan yang namanya kunci nepel karena ane pikir itu kunci nepel buat selang rem ukuran 12mm eh setelah di bongkar alamak jan itu kunci nyusut jadi ukuran 10mm alhasil kelabakan dah nyari itu barang kecil ajaib.karena dengan tanpa kunci ini DIY kali ini bakalan STOP.singkat crita langsung cabut cari tool ke tempat yang udah kondang dengan judul Ac* hardware tapi nasib berkata lain itu tempat tool gak pernah nyetok yang itu namanya kunci nepel.padahal kesananya juga penuh perjuangan dengan melewati banyak pasukan kampanye dan yang pasti macet.disarankan ke tempat yang di kalimalang sama mas-masnya tempat serupa tapi beda merk,langsung dah meluncur ke kalimalang tapi gak tahu karena takdir ane kesasar masuk tol ke arah rumah lagi,wakakakakaka sampe di cengin ama temen ane lu rumah bekasi masih aja kesasar disini.tapi yang namanya takdir akhirnya ada jalan juga,keinget di deket rumah aka depan terminal bekasi ada toko spare part berjejer tiga biji yang pastinya jual tuh kunci.langsung dah meluncur karena udah frustasi juga,alhamdulillah akhirnya dapet juga barang kecil yang habisin waktu 2 jam DIY kali ini.

Penasaran,ini barangnya

Kunci Nepel 10mm

O iya catatan aja jangan pernah buka nepel apapun baik itu nepel rem,power steering dan fuel line tanpa ini tool karena pasti di jamin akan slek dan menangis-nangis ente.

langsung aja dah daripada kebanyakan crita,kendorin semua baut roda belakang dan dongkrak ke dua ban,jangan lupa ganjel pakai jack stand karena dongkrak gak safe buat kerjaan ngolong.copot ke dua roda dan tiriskan.

lanjut ke pembongkaran tromol dengan melepas hub roda dengan kunci socket 30mm,kalau hub udah kelepas lanjut copot kabel handrem dengan bantuan obeng (-) buat melepas pengaitnya hati-hati kejepit dah ada korbanya.


Hub


kalau kabel handrem lepas tinggal copot nepel selang rem.dengan kunci ajaib tadi dengan mutar berlawanan arah jarum jam jangan kebalik ya,kalau perlu dicatet terus di bakar di seduh baru diminum biar gak lupa,kalau lupa bakalan runyam urusan.

Nepel rem


Nepel kecopot


kalau udah tinggal copot rumah tromol dengan melepas baut 4 biji di arm dengan kunci 12mm,angkat dan tiriskan.

Rumah tromol


kalau udah kelepas tinggal pasang back plate aka dust cover sama bracket kaliper cakramnya

Back plate n bracket kaliper




Nah ini ada crita menarik lagi neh dan buat pengalaman.ketika mau pasang hub roda di arm ternyata eh ternyata AS roda asal terlalu kecil dan longgar kalau mau di pasang pun gak akan bisa di kencengin karena baut udah keburu kena stoper sebelum kena permukaan laher.dan ketika di teliti emang bener hub roda copotan sama yang lama beda diameter laher dan kedalaman hub juga beda,yang copotan lebih pendek.meskipun PCD sama 100

ori bawah copotan atas

Akhirnya di putuskan untuk pasang hub roda yang lama.ternyata masalah tidak sampai disitu aja ternyata center hub roda lebih besar di banding center hole cakram.alhasil disk miring ketika di baut dan ke gesek dengan braket kaliper,hadeehh puyeng dah saking puyengnya ampe lupa foto-foto lagi,tapi berhubung udah ada tekat dan pengen harus kelar hari itu juga akhirnya ide muncul yaitu di ganjel pakai ring buat baut 17mm 2 biji masing-masing ketebalan 2mm jadi total nambah 4mm untuk setiap baut roda agar posisi center hole ada di atas nok hub roda,Alhamdulillah dengan trik ini selain posisi disk jadi rata disk juga menjauh dari bracket kaliper.lega rasanya bisa kepasang dan owner bisa pulang bawa mobilnya.jangan lupa selang rem dan nepel di pasang ya.

disk n kaliper kepasang

disk n kaliper kepasang

lanjut ketika udah kepasang giliran kita pasang kabel handrem,untuk jalurnya tinggal ikutin jalur yang lama dan stel ketinggian handrem dari kabin dan buka console tengah komplitnya untuk stel handrem disini.

Nah kalau semua udah beres tinggal kita bleeding atau istilah kerenya buang angin,untuk proses ini harus ada 2 orang,yang satu diatas ngocok pedal rem dan yang satu ngendorin nepel di kaliper.dan jangan lupa siapin minyak rem yang setipe dengan yang existing.caranya kocok pedal rem sampai ketinggian maksimal tekan dan ditahan sambil nepel di kaliper di kendorin,sebelum nepel di kencengin jangan lepas pedal rem.setelah nepel di kencengin baru kocok lagi,ulangi langkah tersebut sampai tidak ada lagi buih di nepel,agar lebih gampangnya ujung nepel di kasih selang bening biar keliatan ada buih apa gak.o iya pas lagi proses bleeding jangan lupa diawasi ketinggian minyak rem di tabung minyak rem,jangan sampai meleng dan kehabisan bisa lama ntar bleedingya.

langkah terakhir tinggal pasang roda dan test jalan dan rasakan sensasinya.ini hasil akhirnya jangan salah fokus ama velgnya ya.made in japan neh......................

cakram ngintip


Dari samping udah CB5

Alhamdulillah kelar juga DIY kali ini meskipun meninggalkan tanda tanya dan penasaran yang amat sangat,sebenernya ini rear disk set copotan mobil apa ya?? jangankan saya ownernya aja yang sering baca literatur web luar juga bingung,karena dari literatur yang pernah di baca harusnya hub roda dan AS roda untuk seri CB dan CK sama ukuranya,tapi ya sudah lah dari pada penasaran biarin aja Allah yang tahu,toh cakram udah kepasang dengan manisnya dan dapet report dari owner kalau pengereman manteb dan gak buang kanan kiri,serta yang pasti kagak macet ketika hard braking.


Satu lagi kalau mau hunting dan gak usah pakai ribet tinggal cari copotan punyanya lancer CB5 aka GTI di jamin plug n play atau kalau emang gak ada bisa pakai punya dangan dengan sedikit ubahan.

Daftar Belanja Siapa tahu mau ngikutin jejak si grey

1.Rear disk set copotan gak jelas --------> 3.3 Jt
2.Caliper Rebuild set  ---------> 160Rb (non ori)
3.Selang rem ---------> 400rb (Non ori plus  ketipu katanya ori ternyata cuma kemasan aja ori isinya kagak)
4.Banjo bolt + washer tembaga -------> 30Rb
5.Minyak Rem botol besar -------------> 60Rb pakai botol kecil juga cukup kecuali buat persiapan kuras total
6.Washer aka ring 17mm 8 butir ----------> 8 Rb


Special thanks for istri tercintah untuk sayur bayem dan sambelnya seger tenan.


Sekian

Wassalamu'alaikum

TEAM DIY

8 comments:

  1. wehehehe penuh banget perjuangan ini, khususnya perjuangan nyari kunci nepel yak hadeeeuh......

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya neh bro,buat pelajaran juga neh tool harus komplit dulu sebelum DIY bikin mood drop soalnya wakakakakaka

      Delete
  2. Mantabbbb mas bro, salut buat perjuangannya upgrade si tromol jd cakram..
    Anyway yg dipake disini bahan copotan cakramnya berarti bukan copotan ori cb5 ya?

    Untuk sharing jg, kebetulan ane udah sempet bbrp kali ngerjakan ubah tromol jd cakram baik di cb4 n ck4. Bahannya yg digunain kebanyakan part cakram copotan cb5, tetapi terkadang dpt jg copotan evo3 asli & lancer mirage dari malaysia. Pd dasarnya kalo menggunakan bahan copotan cakram yg cb5 pada saat pemasangan ke cb4 & ck4 sifatnya udah plug n play, alias bener2 simple.. Lgsg copot arm sebongol n lgsg naikin penggantinya. Biaya total keseluruhan sih gak beda jauh ama yg dirinci disini..

    Anyway, DIY is the best.... Bravooo

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thanks dah mampir om nick.kalau menurut kasat mata bentuk trailing arm sama kayak CB5,mungkin om riyan bisa becerita tentang asal usul barang ini,karena kemarin dah ngebet ama tuh cakram dan perkiraan copotan CB5 juga.tapi ternyata beda di AS roda sama Hubnya jadi kemungkinan ini copotan mitsubishi tapi gak tahu juga punya apa.bisa juga memaksakan pakai trailing arm bawaan cakram tapi kita mikir kedepanya kalau mau ganti laher roda yang susah,makanya di putusin pakai trailing standart

      Delete
  3. wah ada om Nick, iya ini dapetnya kebetulan aja gak sengaja pas nyambang ke rongsok limbahan, kelihatan disana cuma ditulis 4g93 doang, yaudah deh angkut, cuma karena kondisi udah memprihatinkan misalnya :
    1. Bushing arm udah pecah nih, repot n duit lagi kalo musti beli lagi
    2. kalo ternyata kmrin langsung disikat se trailing arm nya, belakangan kudu ganti bearing baru ketahuan dong kalo beda malah repot heheh, tapi intinya pingin DIY aaja nih oprek oprek hihihi

    ReplyDelete
  4. oiya nambahin nih :

    1. Ukuran backing plate agak beda sama diameter disk nya sendiri, seharusnya CB5 punya gak begitu, backing plate vs diameter disk mepet, digambar kelihat bahwa backing plate bisa menampung ukuran disc yang lebih besar seukuran evo, tapi kalo evo gak mungkin juga, kan ada as roda nya, tapi ini jelas berasal dari mobil FWD
    2. Nah keanehan lain, pada bracket cakram lubang baut nya berbentuk oval, yang artinya bisa bergeser mengikuti besar kecil nya disk, hal ini memperkuat ukuran backing plate yang lebih gede dari disk nya
    3. apakah ukuran backing plate dan adjustable bracket nya berhubungan sama ukuran Hub bearing yang lebih gede juga ? kalo iya ini dari mobil apa ? Trailing arm yang bentuknya gini bisa dari mirage, colt, plymouth, proton, dan FTO,

    lagi-lagi kalo dari FTO hub nya baut 5 bukan baut 4, makin suram ini sebenernya dari mobil apa

    clue : katanya CA,CB, CC FWD itu sama semua hub trailing arm nya, tapi kok ini gede ? apakah dari Mivec 4x114 yang diganti ke 4x100 ? ato dari FTO yang ganti hub bearing dari 5x114 ke 4x100

    misteri hehe

    ReplyDelete
  5. wah keren om...tp untuk hand brake gmn ntu nasibnya?
    apa harus ganti yang hidrolis apa di kabel tis aja sling kabelnya hand brakenya?

    ReplyDelete