Tuesday, April 1, 2014

Jangan Buang Velg lama anda

Assalamu'alaikum.

Bertemu lagi kita setelah sekian lama gak update lagi neh blog karena suatu hal dan kesibukan di dunia selain DIY.

Ok mas bro kali ini ane mau jadi tukang rekondisi velg mobil karena semakin melambungnya harga velg yang made in japan dan secara belum ada duitnya juga buat nebus velg impian.karena semboyan ane " Selama belum mampu beli Made In Japan Velg OEM is the Best". Alhasil kita manfaatin aja yang ada dengan kemampuan dan daya kreatifitas yang ada karena itu terciptalah DIY.wekeke bahasanya agak jlimet dikit gak papa ya.

Bahan rekondisi adalah se set velg OEM lacer GTI ring 14" rencananya velg ini akan menggantikan velg OEM swift ring 15" yang sudah terpasang di gerobak ane,orang yang ada mah mau upgrade diameter ini malah downgrade,ya emang tujuanya mau ngejar enteng dan kenyamaan aja selain jalan indonesia raya juga banyak banget kolam ikan sayang aja komponen link kaki-kaki.Nah sebenernya kalau mau cari enteng ada 2 pilihan downgrade ukuran velg atau tetep ring 15" tapi pakai velg ringan seperti SSR.karena pernah compare velg OEM GTI dengan ban 185/60 sama SSR type F ban 195/55 masih jauh entengan yang ring 15",moga-moga yang punya SSR gak jadi berat kepalanya kalau baca ini.hahahaha



Velg OEM Swift



Ketika pertama kali dapet velg ini kondisi velg masih agak lumayan tapi cat udah gak jelas bentuknya banyak baret dimana-mana karena itu coba di rekondisi biar tambah enak dilihat.

Langkah awal ilangin semua cat yang nempel di velg dengan paint remover bisa di dapat di hampir semua toko bangunan terdekat.oles pakai kuas tapi hati2 pakai pelindung mata dan sarung tangan sama baju celana full,soalnya cairan keras,panas banget kalau kena kulit dan setelah di diemin +/- 5 menit basuh dengan air kran sambil di sikat sama sikat kawat,kalau belum bersih ulangin sekali lagi.



Cat ngelontok



Sikat kawat

kalau udah bersih akan tinggal di tembel bagian yang ke gores atau rusak kena goresan,kalau ane pakai lem besi biar keras,pakai dempul juga bisa sih.

Tembel lem

kalau udah kering bener lemnya,gosok pakai kertas gosok sampai rata ama permukaan velg.karena ane liat lips velg agak lebar akhirnya muncul ide buat polish lipsnya biar agak bagusan dikiiiit.

untuk polish ane pakai cara hemat lagi yaitu dongkrak mobil sebelah,copot ban,nyalain mesin masuk gigi 2.tinggal polish dah.pada bingung ya? pantengin aja dah pideonya.


Awalnya pakai kertas gosok ukuran 360 - 500 - 1000 terakhir pakai autosol.ini hasilnya.

Polish lips

Urusan preparation udah beres tinggal ngecat aja dah,warna sesuai selera ane pilih warna asli silver aja.sebelum di cat tutupin bagian polish dengan isolasi aka masking tape.

Alat perang

kalau urusan cat kalau ente pede ngecat sendiri lakuin sendiri aja yang jelas akan lebih murah,dan yang penting harus pakai masker,soalnya ada temen DIY ane udah agak sesek napasnya gara-gara keseringan ngecet gak pakai masker,istilah jowonya "safety first".tambahan lagi kalau pakai kompresor pakai filter biar udara buat ngecatnya gak kecampur air.

Filter kompresor

Untuk dasar cat pakai epoxy biar cat melekat kuat komposisi campuran epoxy:hardener:thiner = 1:1:1.5  untuk thiner sesuai kebutuhan tergantung feelling yang ngecat gak bisa baku ukuranya.jemur di bawah terik matahari biar cepet kering,sebelum ngecat harap di perhatikan tempat ngecetnya harus di tempat terbuka dan punya ventilasi bagus,dan yang paling penting perhatikan cuaca,karena ane kemarin baru setengah jalan keburu ujan.

epoxy 

kalau udah kering langsung cat pakai warna kesukaan masing-masing yang perlu diperhatikan tipe cantya sama thinernya harus setipe kalau ane pakai tipe PU.saya pakai 3 lapis tiap lapis tunggu kering ya.

Cat silver

kalau udah tinggal pakai anti gores atau clear coat ane pakai merk blinken komposisi clear:hardener:thiner = 1:1:1,5 .ane pakai 5 lapis biar kinclong,tiap lapisan tunggu kering ya.
Hasil akhir 


Alhamdulillah velgnya tampak seperti baru lagi terbayar dengan capek yang dikeluarkan,dan yang jelas DIY bikin Puaassssss meskipun hasilnya kadang ancur lebur.tapi yakinlah kita bisa jago kalau sering latihan,kalau kata pepatah jowo "learning by doing".


Ketika pasang ban di tukang velg 1 orang 1 velg cepet beut dah

pasang ban


Alhamdulillah karena pasang ring 14 jadi bisa ngerasain ban bagusan dikit pakai merk Yokohama C-Drive depan dan A-Drive belakang,coba kalau ring 15" pasti berat buat nebus banya.

Velg dah ada banya


Penampakan ketika terpasang di gerobak ane,reviewnya emang beda banget pakai velg oem mau di speed berapapun gak geter dan yang jelas tambah nyaman kalau melibas jalanan yang kurang mulus.


Pas beud

Total cost yang ane keluarkan.

1.Spray gun meiji F100 : 350rb
2.Epoxy 1/2kg : 30rb
3.Cat silver 1/2kg 80rb pakai 1/4 cukup ane kebanyakan belinya
4.Clear coat blinken HS8100 250rb udah lama belinya dulu sisa ngecat motor bebek full masih sisa separuh.
5.Kertas gosok 3 lembar lupa harganya
6.Sikat kawat 7500
7.Paint remover 55rb

Sekian semoga bermanfaat bagi yang mau repair velg

Wassalamu'alaikum

3 comments: