Wednesday, February 5, 2014

Self Diagnose aka diagnosa sendiri kerusakan sistem EFI aka Electronic fuel injection Lancer CB series

Assalamua'laikum.

Alhamdulillah masih sehat dan menulis entry kali ini setelah banjir dimana-mana dan badan sempet rontok juga.

Kali ini ane mau share sedikit tentang masalah di lancer ane ketika engine check tiba-tiba nongol,padahal ane gak ngundang.sempet bete juga neh mobil jajan mulu,tapi ada hikmahnya sih kalau gak ada masalah gak belajar.tapi kalau masalah terus dompet tipis.

Sedikit mukadimah sebelum kita ke praktek.Alhamdulillah sekarang teknologi semakin canggih tapi selain itu semakin jlimet karena sarat dengan rangkaian elektronik dan sensor.apalagi untuk mobil angkatan 90an karena yang namanya elektronik pasti punya life time.itu rangkaian dan sensor pasti mulai jadi sumber masalah.beda dengan mesin karbu asal ada bensin yang udah di kabutin sama dan ada pengapian di busi pasti bisa nyala mesinya.tapi mesin ber ECU ada untungnya untuk proses troubleshoot karena ECU punya processor yang handle semua fungsi sampai mesin bisa nyala.tapi ane dulu sempet bingung gimana ya caranya biar kita tahu permasalah mesin ECU tanpa ke bengkel ternyata ada cara yang simpel untuk cari tahu kerusakan sensor tanpa kita pergi ke bengkel untuk scan MUT.

Untuk Mitsubhisi lancer GLXi keluaran 94-97 menggunakan shocket 16 pin dengan protocol OBDII meskipun cuma pin 1,4,5,7,9,16.ini gambar socketnya ngambil dari inet.posisinya ada di bawah speaker dashboard sebelah kanan.

Socket 16 Pin OBDII



Langsung aja kita siapin alat-alat nya.
1.Kabel pejal yang kecil secukupnya kalau gak ada bisa pakai paper clip
2.Pensil sama kertas buat nyatet


Sekarang baru kita praktek cari tahu dulu posisi shocket Kalau udah ketemu jumper aja pin no 1 dan no 4 atau bisa juga pin 1 di jumper ke body atau ground.Pada saat jumper posisi kunci kontak di OFF.

Posisi Socket OBDII


Selanjutnya ikutin langkah berikut untuk analisa kerusakan.
1.Posisikan kunci kontak ke posisi ACC atau ON tapi jangan di start
2.Ambil pensil dan kertas buat nyatet

setelah kunci ON tunggu sebentar sampai engine check (EC) mati.kalau sudah mati kalau emang gak ada masalah nanti EC akan mati hidup secara teratur.

Dan kalau ada masalah maka EC akan nyala lagi setelah 0,5 detik mati lagi nah ini jadi angka puluhan.habis itu akan ada jeda lagi 1 Detik dan akan nyala lagi nah ini sebagai satuan.

Sebagai contoh Error Code 23 maka:

setelah kunci ON EC akan mati dalam 3 detik kemudian nyala lagi 2 kali dengan interval 0.3 detik kemudian mati lagi jeda 1 detik akan nyala lagi 3 kali dengan interval 0,3 detik


ERROR code ini bisa combine tergantung jumlah sensor yang jadi masalah.jadi dia ada group puluhan dan Group satuan.ini ada contoh sensor ane yang jadi masalah.kalau gak nongol disini
 
ERROR code 12 dan 23

Penjelasanya gini ketika kunci ON EC akan nyala sekitar 5 detik setelah itu mati.setelah itu nyala 1 kali sekitar 0,5 detik mati lagi dan selang 1 detik akan nyala 2 kali dengan interval 0,3 detik setelah itu mati sekitar 1 detik kemudian nyala lagi 2 kali dengan interval 0,5 detik kemudian mati 1 detik kemudian nyala lagi 3 kali dengan interval 0,3 detik.nah disini ada group puluhan (1 dan 2) dan satuan (2 dan 3) bahasa gampangnya yang kedipan pelan dengan pelan.yang kedipan cepet dengan kedipan cepet.jangan lupa di catet jangan di pantengin doang

Nah kalau udah dapet ERROR code tinggal check di daftar togel dibawah ini :

11 Oxygen sensor fault.
12 Airflow sensor fault.
13 Intake air temp sensor fault.
14 Throttle position sensor (TPS) fault.
15 Idle speed control (ISC) motor position sensor fault.
21 Coolant temp sensor fault.
22 Crankshaft position (CKP) sensor fault.
23 Camshaft position (CMP) sensor fault.
24 Vehicle speed sensor (VSS) fault.
25 Barometric (BARO) pressure sensor fault.
31 Knock sensor fault.
36 Ignition timing adjustment signal fault.
41 Injector(s) fault
42 Fuel pump fault.

Nah berhubung di ane ada 2 ERROR code 12 untuk AFS dan 23 untuk CMP sensor makanya lagi ngumpulin duit dulu buat belanja.siapa tahu ada copotanya.Aamiin

Sekian dulu share dari newbie semoga bermanfaat alangkah baiknya kalau udah ketahuan sensor yang rusak coba dulu nyopot punya temen buat ngetest bener gak sensornya rusak.karena selain EC nyala karena sensor EC juga nyala karena kerusakan ECU.

Wassalamua'laikum.

13 comments:

  1. kalo pake scanner murah meriah yang banyak di jual di pasaran, kira2 hasil scanningnya tepat atau malah banyak yang ngawur om?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya belum pernah coba om paka scaner yang 200rb an.cuma harusnya akurat kan dia baca jumlah kedipan juga.cuma kadang barang gitu untung-untungan juga.ada yang awet ada yang cuma sekali pakai doang

      Delete
  2. kalo untuk CK4 kira2 sama gak om?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kurang tahu kalau ck om,tp selama mitsubishi dan tipe socket obd2 kemungkinan besar sama

      Delete
  3. videonya private om

    ReplyDelete
  4. Om bisa gak kl cb4 dipasang obd2 yg katanya bisa ngiritin bbm?

    ReplyDelete
  5. Ternyata glxi CB4'93 soketnya pake OBD1 beda ama adik nya yg keluaran 94 ke atas..

    ReplyDelete
  6. Mat mlm sobat semua. Mau tny nih klo mitsubishi lancer 1.6v dohc tahun 1992. Posisi socet scan ecu nya posisi di sebelah mana ya gan
    Mohon bantuannya
    Terima kasih

    ReplyDelete
  7. om kalo buat glxi cb4 93 dimana posisinya ya?

    ReplyDelete
  8. Kode ecu berapa mas klo di jamper

    ReplyDelete
  9. om, kalau untuk ck4 thn 97 bisa ga ya.
    terus kalau bisa, maksudnya pin 1 dan pin 4 dijumper/disatuin cukup 1 kabel gitu bisa om ??
    apa pin 1 dijumper ke ground/body, dan pin 4 dijemper ke ground/body juga ??

    ReplyDelete
  10. Maksutnya soket no1,dikasih kabel lasung ke body bisa/kabel no1 bisa jamper langsung ke no4 om.kebetullan punya saya Lancer jugak om habis jajan nih

    ReplyDelete