Wednesday, February 12, 2014

Ganti Air Flow sensor lancer CB series

Assalamua'laikum.

Newbie mau coba share lagi ya mas bro.masih berlanjut masalah yang kemarin ini tentang permasalahan di lancer ane,setelah kemarin masih nongol engine check di CMP sensor ini.sekarang giliran air flow sensor yang kena gusur karena hasil diagnosa check engine kemarin ada faulty di AFS sensor.walaupun mobil kena AFSnya masih bisa jalan tapi gak bisa di gas waktu dingin tapi kalau udah panas normal tapi kosumsi BBM nya sadis ada kali 1:5 selain itu asap knalpot pedes di mata.

langsung aja modalnya cuma beli AFS,bisa copotan bisa baru ,berhubung gak mampu beli AFS yang baru karena yang baru denger-denger ampe 4 jutaan,akhirnya dapet copotan punyanya CB5 seharga 800rb.

kalau copotan bervariasi tergantung yang jual lagi butuh duit apa kagak.yang paling mahal sekitar 1,5jt.yang perlu di perhatikan dalam perburuan barang copotan adalah kode dari part itu sendiri karena CB5 sama dengan CB4 makanya ane ambil AFSnya.kode AFS untuk CB4 adalah 449.

AFS lama VS AVS copotan

langsung aja kita eksekusi buka filter  box dengan membuka 2 klip dan copot box filter dari selang belalainya.sebelumnya cabut terminal negatif accu biar ke reset kode error ECUnya karena pemasangan AFS yang baru.


Box Filter



Copot socket AFS,punya ane pakai cable ties karena klip socket dah raib ntah kemana

socket AFS


Kalau udah kecopot box filter tinggal copot AFS dari box filter dengan kunci shocket 10mm

'
 
baut AFS

AFS udah kepasang


habis itu pasang AFS yang baru dan sambung terminal accu tunggu 2 menit baru start mesin.Alhamdulillah kode error 12 aka AFS sensor faulty telah pergi entah kemana,moga-moga gak balik lagi.tinggal troubleshoot CMP sensornya

Sekian

Wassalamua'laikum

11 comments:

  1. Alhamdulillah setelah beberapa hari bikin frustasi dgn masalah Rpm yang ayun ayunan . Ternyata Si Dia lah penyebabnya (AFS) dengan bantuan Suhu PUnkY yg Fungky beliau bersedia repot repot cari,jemput n kirim ke Bdg, ditambah lg gw repotin sama beribu ribu pertanyaan ... Hahaha . thx A lot Master Punk.... Dapet juga nih Box Filternya .Alhamdulillah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah senengnya berbagi kang tyto,semoga lancernya sehat dan tambah ngacir,ane bukan suhu kang berhubung pernah ngalamin sakit yg sama makanya tahu duluan

      Delete
  2. Pak, ada yang jual airflow lagi ga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Om email ke ponk83@gmail.com aja no HP nya biar cepet kalau ane dapet info yang jual

      Delete
    2. Om klau Ada dong servo ck4 ama air flow nya jg wa 087703327242 makasi om

      Delete
  3. mas pungky bisa tidak nyarikan airflow lancer cs 5 saya lupa kodenya,,, email saya juniharianto94623@gmail.com ,,, trimakasih

    ReplyDelete
  4. Aslmkm..mas pungky ada info air flow copotan gk buat lancer 2004

    ReplyDelete
  5. misi mas, ada copotan AFS untuk mitsubishi kuda grandia tahun 2012 bantu saya ya mas..ini email saya: hamimmy@yahoo.com

    ReplyDelete
  6. Om no hpnya brpa?afs cedia cs 5 sy rusak

    ReplyDelete
  7. Om mw tanya
    lancer ane cb4 kalo tanpa afs normal cuma bensin boros dan knalpot pedih dimata,kalo di pasangin kayak ada bletuk bletuk di kanlpot kayak yang telat bensin sekejap walaupun ga di gas..mohon pencerahannya om

    ReplyDelete