Thursday, February 20, 2014

Emergency Vario

Assalamua'laikum....

Selamat pagi semangat selalu.

Alhamdulillah masih sehat dan masih bisa berbagi disini.kali ini ane cuma mau sharing pengalaman yang agak gak mengenakan dan mungkin ini cobaan juga seh.critanya gini sekalinya pengen pakai motor ke tempat gawe eh si motor malah ngajak pakai acara mogok,gejalanya neh motor tiba-tiba shuting down alias mati mendadak ketika riding.alhasil minggir dari jalan dah.padahal baru nyampek separuh jalan dan motor sebelumnya tidak menunjukan gejala aneh KM motor terhitung masih dikit 13Rb an.


Berhubung ane udah ditungguin orang di tempat gawe,ane langsung titip parkir aja kebetulan pas di depan kampus Gundar kalimalang setelah sebelumnya coba selah dan cek bensin masih ada tapi gak mau idup neh motor.akhirnya ngojek dah ketempat kerja.setelah habis gawe balik lagi ke parkiran buat ambil motor.

Ternyata cobaanya gak cuma mogok aja,toolkit ane ternyata kagak ada masbro lupa balikin lagi ke motor .hadeeeh puyeng dah masak mau buka baut pakai tenaga dalam.alhasil muter-muter cari obeng dan kunci 10mm.tukang ojek nyaranin taruh aja ke bengkel tapi ane kekeuh gak mau,karena pengalaman kalau ketemu bengkel nakal pasti di akalin kalau motor mogok gini.Alhamdulillah akhirnya dapet juga obeng plus kunci shock palang tiga isi 10,12,14mm



Analisa ane:

1.Dugaan pertama Bensin gak ngalir,ternyata bukan ini penyebabnya karena coba buka selang pembuangan masih ngocor

2.Dugaan kedua Fuse putus karena lampu indikator dan semua perangkat elektronik mati ternyata bukan ini penyebabnya karena kalaupun fuse putus pasti masih bisa nyala pakai selahan.

3.Dugaan ketiga kunci kontak masalah.ternyata bener ketika di jumper langsung dari socket,lampu indikator nyala dan mesin langsung greng.Alhamdulillah bisa jalan lagi.


langsung dah eksekusinya buka cover depan dengan mencopot plat nomer dudukan plan nomer pakai kunci 10mm dan obeng plus di belakang tameng.

Cover Depan

kalau udah kelepas cover depan cari socket ke kunci kontak dan jumper aka sambung langsung pin socket yang menuju kabel body jangan yang ke kontak jumpernya,ntar gak ngepek.

 Socket kontak

Di jumper yang male socket bebas mau pakai apa jumpernya,mau pakai paper klip,cemiti,kawat jemuran asal berbahan konduktor pasti bisa ke jumper.


 jumper socket

kalau udah masukin lagi socket ke tempat selongsong kabel body dan jumperan jangan sampai menyentuh rangka aka ground yak,ntar bisa konslet.

Alhamdulillah bisa di ajak pulang lagi mongtornya dengan cara darurat dan untungnya lagi vario ada switch safety di standart samping jadi bisa buat matiin motor ketika mau parkir,karena kalau di jumper gini meskipun kunci dalam keadaan off,masih bisa di nyaleken mesinya.

Ini peralatan DIY dadakan,

tool baru beli

Sekian cerita yang sempet bikin ane telat nyampek kantor.hikmah dari kejadian ini adalah selalu bawa toolkit standart di motor (obeng,kunci busi,kunci 10mm,busi cadangan,kabel 1 Meter) kalau ada senter kecil lebih bagus dan uang di dompet.jangan panik kalau mogok coba berpikir tenang lebih enak lagi ditemeni teh botol dingin mikirnya.analisa kerusakan motor karena mesin hidup ada 2 komponen ada campuran udara+BBM di tambah api dari busi.telusuri dari yang termudah dulu.hikmah yang lain DIY bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja tidak mengenal ruang,waktu dan dimensi.

Letakan perlengkapan yang gak diperlukan di tempat yang aman,karena kalau meleng bisa amblas.

Perlengkapan gawe



DIY dadakan kali ini cost yang di keluarin:

1.Tool obeng dan palang tiga tekiro (45Rb harusnya gak perlu keluar duit kalau bawa tool dari rumah)

2.Ongkos Ojek PP kantor parkiran (50Rb harusnya gak perlu keluar duit kalau bisa bikin alasan bolos ke bos)

3.Parkiran Seribu rupiah (harusnya gak perlu keluar juga kalau udah berhasil bolos ke kantor)

Sekian sharing dari ane semoga bermanfaat dan kejadian ini gak hanya terjadi di vario aja semua motor yang pakai kunci kontak kemungkinan juga bisa ngalamin dan jangan lupa berdoa sebelum berkendara.

Wassalamua'laikum

2 comments:

  1. Teh botolnya belum diitung Mas Pung...
    sip sharingnya :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha kemarin kagak minum teh botol,jauh warungnya wakakaka

      Delete