Wednesday, November 20, 2013

Ganti Lower Control Arm (LCA) lancer GLXi CB 4

Assalamualaikum,

Gimana kabar gan sis bro ? di entry kalau ini ane mau share penggantian Lower arm ane yang udah mulai goyang,tapi kurang mendetail dikarenakan kesulitan menggambil foto karena tangan ane kotor.

Perangkat Lenong
1.Jackstand (optional) buat jaga2 aja kalau dongkrak ambles
2.kunci shocket 17 mm
3.Spidol putih (buat tanda baut setting toe)
4.Dongkrak
5.kunci ring 17mm biar gak muter kalau di kencengin
6.LCA skunk2 harga 850 Ribong
7.kunci 12 mm untuk membuka baut link stabilizer
8.kunci L buat menahan baut link stabilizer biar gak ikut muter

Ini wujud barangya

Diusahakan dapet LCA yang buat daily driven jangan yang tipe race karena beda bushing kalau yang buat daily bushingya masih pakai karet sama kayak orinya tapi kalau yang tipe race pakai polyurethane dan konon kabarnya yang tipe race lebih enteng dari yang tipe daily.pakailah sesuai peruntukanya.

Ini contoh bushing poly

Langsung aja ke langkah-langkah eksekusi

Dongkrak ban belakang.sekali lagi ban belakang mobil yang mau di ganti ya jangan ban belakang mobil orang yang parkir :)

copot roda belakang biar memperluas ruang gerak.

selanjutnya tandain dulu dengan sapidol setting baut toe biar spooring gak berubah.copot kesemua baut total ada 4 baut (baut toe,baut shock,baut di trailing arm dan baut link stabilizer) kalau udah kecopot tinggal tarik keluar arm lama


Yang dilingkari putih baut toe,yang dilingkari biru baut shockbreaker yang di lingkari merah baut ke trailing arm yang di lingkari kuning baut link stabilizer.

kalau udah masukin LCA yang baru nah abis itu semua baut di pasang tapi jangan di kencengin dulu yeee,sabar.....


nah abis itu pasang rodanya dan turunin mobilnya dari dongkrak.nah kok baut arm gak di kencengin apa gak takut copot apa jangan-jangan lupa.

weiitttttttt. pan ane tadi dah bilang sabar.................. nah sekarang baru ane kasih tahu kenapa tadi gak ane kencengin dulu bautnya.sekarang giliran ngolong deh di tempat yang sempit.lebih apes lagi kalau mobil udah diceperin,bakalan kegencet dah tuh perut.hahahahaha

Lanjut............ setelah udah di kolong baru dikencengin dah tuh baut yang di arm jangan tidur di kolong ya.tujuan nya kalau kita kencengin dengan kondisi ban terangkat akan mengakibatkan radius puntir bushing akan banyak yang mengkibatkan bushing cepet robek,karena itu kencenginya kalau udah turun rodanya jadi radius putar bushingnya kecil.ini berlaku untuk semua bushing di kaki ya.

Alhamdulillah beres juga dah kerjaan kali ini,dan tidak di rekomen buat full muatan ya untuk arm model gini takutnya gak kuat kalau full loaded dan kena kolam di jalan.alasan ane ganti arm model gini karena mau ganti arm yang ori mahal beud....... 650 rb nah itu lebih murah,kata siapa lebih murah itu sebiji mas broh kalau sepasang 1,3Jt .................. tinggal kita liat ketahanan bushingnya kuat berapa lama.dan yang jelas gerobak ane lebih anteng

Ini yang paling males kalau habis DIY ngrapiin perangkat lenongnya :(






Wassalamualaikum




No comments:

Post a Comment